Intelektual Muda, kesehatan mata memang harus diperhatikan. Karena mata adalah indera yang sangat penting dan lingkungan semakin tidak bersahabat. Alasan pertama dilandasi pemikiran bahwa mata adalah jendela dunia. Dengan mata yang sehat, kita bisa menikmati berbagai hal yang ada di sekitar kita. Tanpa mata (kebutaan), maka semua yang ada di sekitar kita hanya tampak gelap gulita.

Sedangkan alasan kedua adalah karena banyak hal di sekitar kita yang semakin tidak akrab dengan mata. Misalnya, tingkat polusi tinggi. Di kota-kota besar, polusi menjadi ancaman bagi kesehatan yang semakin nyata. Bagi mata, ini menjadi ancaman serius.

Faktor lainnya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Sebagai contoh pola makan yang semakin tidak seimbang dan konsumsi sayur dan buah yang semakin berkurang. Ini juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata.

Yang juga termasuk gaya hidup tidak sehat adalah suka membaca sambil tiduran dan terlalu dekat menonton televisi. Prinsipnya, banyak hal yang kini bisa membuat mata menjadi tidak sehat. Beberapa gangguan kesehatan yang bisa timbul antara lain rabun dekat, rabun senja, dan katarak.

mata-sehat

 

 

Nah Intelektual muda, kali ini kita akan memberikan tips-tips untuk menjaga mata agar tetap sehat, ada beberapa tips sebagai berikut:

  1. Kurangi radiasi komputer bagi yang sering bekerja di depannya. Sebab, terlalu lama di depan komputer bisa mempengaruhi kesehatan mata, seperti mata lelah. Cara untuk mengurangi radiasi misalnya dengan bekerja di ruangan yang cukup cahaya, menggunakan filter monitor untuk mengurangi cahaya yang terlalu menyilaukan, aturlah posisi monitor yaitu 10 hingga 15 derajat dari posisi sejajar dengan pandangan lurus mata. Ini agar mata tidak cepat lelah dan menjaga bahu serta leher agar nyaman dalam bekerja.

Selain itu, sebaiknya mengetik dengan ukuran font (besarnya huruf) yang cukup besar. Ini untuk menghindari kontraksi mata yang berlebihan. Mata juga perlu diisitirahatkan setelah beberapa lama menatap layar monitor. Cara yang sederhana adalah dengan sering berkedip.

  1. Hindari polusi dan radikal bebas. Cara yang sederhana adalah dengan memakai kaca mata hitam ketika sedang berada di luar ruangan, terutama di jalan. Selain itu, jangan menggosok-gosok mata dengan tangan setelah berpergian sebelum mencuci tangan. Sebab kotoran yang menempel di tangan bisa masuk ke mata jika kita menggosok-gosokannya ke indera penglihatan tersebut.
  1. Konsumsi buah dan sayur yang cukup. Sebab vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh mata banyak terdapat pada sayuran dan buah, terutama sayuran berwarna hijau atau jingga. Misalnya bayam, daun singkong, dan pepaya berwarna jingga yang matang. Vitamin A juga terdapat pada makanan seperti hati, kuning telur dan juga air susu ibu (ASI).
  1. Periksakan kondisi mata secara rutin ke dokter. Hal ini untuk menghindari dan mengantisipasi sedini mungkin munculnya gangguan pada mata.

mata-sehat-jaga-sakit

Nah Intelektual muda, itu tadi secuplik tips dari kita untuk menjaga mata tetap sehat. Karena mata yang indah dan sehat, merupakan impian banyak orang untuk menuju masa depan !! Tunggu Features kami selanjutnya yaaa..

Oleh : Iis Ayu L.

Sumber : www.cantikalamiku.com

Fiesta FMFeature
Intelektual Muda, kesehatan mata memang harus diperhatikan. Karena mata adalah indera yang sangat penting dan lingkungan semakin tidak bersahabat. Alasan pertama dilandasi pemikiran bahwa mata adalah jendela dunia. Dengan mata yang sehat, kita bisa menikmati berbagai hal yang ada di sekitar kita. Tanpa mata (kebutaan), maka semua yang ada...