Benteng Van Der Wijck, dok. www.google.com

Bagi sebagian orang, belajar di dalam kelas menjadi sesuatu hal yang membosankan, karnanya, tidak sedikit orang memilih belajar langsung ke lapangan. Nah rekomendasi wisata kali ini, bakal kasih tau informasi salah satu situs sejarah yang bisa langsung dipelajari keberadaannya, yaitu Benteng Van Der Wijck.

Benteng Van Der Wijck, dulunya merupakan benteng pertahanan Hindia-Belanda yang dibangun abad ke-18. Nama benteng sendiri diambil dari Van Der Wijck yang merupakan komandan pada saat itu. Lokasinya berada di Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Benteng yang terletak sekitar 35 kilometer dari pusat kota ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Kebumen. Hal itu karena keunikan bangunan yang menggunakan arsitektur gaya Belanda.  Disamping itu, kompleks benteng kini menjadi Sekolah Calon Tamtama dan barak militer TNI AD.

Di dalam benteng sendiri terdapat foto-foto dokumentasi benteng sejak zaman penjajahan hingga renovasi yang telah dilakukan. Terdapat juga foto dari bupati Kebumen pertama hingga bupati yang saat ini menjabat. Di sekitar benteng tersedia pula tank milik TNI AD yang terasa menjadi pelengkap sebuah benteng pertahanan.

salah satu tulisan yang terdapat di gerbang masuk benteng, dok. www.google.com

 

Selain karna arsitektur bangunannya yang unik dan bersejarah, banyak pula wahana permainan yang ditawarkan. Ada wahana kereta mini keliling yang berada diatas benteng dan menjadi wahana favorit pengunjung. Karena dari atas kereta, pengunjung bisa mengelilingi benteng dan menikmati pemandangan sekitar. Tak hanya itu, ada pula area bermain anak yang tersedia mulai dari kolam renang, taman bermain, perahu angsa, kicir putar dan bola air.

wahana kereta mini keliling yang berada diatas benteng, dok. www.google.com

Dengan membayar sekitar 35 ribu rupiah pengunjung dapat menikmati wisata Benteng Van Der Wijck sekaligus belajar sejarah disana. Pengunjung juga dapat berbelanja oleh-oleh untuk rumah saat keluar dari area benteng.

Bagi Intelektual Muda yang ingin berkunjung, jangan lupa nih Benteng Van Der Wijck buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 s.d 16.00 WIB. Nah! Belajar sejarah tidak lagi membosankan bukan? Hehehe (Reporter FiestA FM: Nurunnisa)

Fiesta FMExcursion
Benteng Van Der Wijck, dok. www.google.com Bagi sebagian orang, belajar di dalam kelas menjadi sesuatu hal yang membosankan, karnanya, tidak sedikit orang memilih belajar langsung ke lapangan. Nah rekomendasi wisata kali ini, bakal kasih tau informasi salah satu situs sejarah yang bisa langsung dipelajari keberadaannya, yaitu Benteng Van Der Wijck. Benteng...