Pemandangan yang sayang banget buat kamu lewatkan, Intelektual Muda. (Sumber: Google Gambar)

Kalau mau membahas destinasi wisata di Jogja, ngga bakal abis yaa Intelektual Muda. Mulai dari bangunan bersejarah, candi-candi peninggalan masa lampau, wisata gunung, sampai pantai semuanya ada. Ngomongin pantai di Jogja, mulai dari ujung timur sampai ujung barat ada deretan pantai di pesisir selatan yang pemandangannya menawan dengan ciri khas masing-masing. Ada pantai pasir putih, pantai berkarang, dan ada satu lagi nih yang baru, pantai yang ada hutan mangrove-nya. Yup, Hutan Mangrove Kulon Progo di daerah Pantai Congot.

Secara administratif Hutan Mangrove masuk ke kawasan Pasir Mendit, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Lokasi ini tak jauh dari Pantai Glagah dan Pantai Congot, namun memang agak tersembunyi. Meski tersembunyi, akses ke tempat wisata ini gampang dan mudah dijangkau kok Intelektual Muda. Keindahan yang jarang ditemui di sekitar pesisir selatan Jogja, dijamin ngga bakal bikin nyesel.

Mangrove di hutan ini sebenarnya sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Tujuan awalnya sebagai konservasi dan untuk mencegah abrasi. Siapa sangka justru tempat ini kaya akan potensi. The power of social media, berkat bantuan media sosial foto-foto yang tersebar menarik minat pengunjung. Akhirnya masyarakat setempat secara swadaya membangun lokasi hutan mangrove menjadi tempat wisata seperti sekarang ini.

Namanya hutan pasti banyak pohon yaa, nah bedanya di Hutan Mangrove ini penuh dengan pohon bakau yang rimbun dan asri, adem banget deh pokoknya. Hutan mangrove ini membentang di atas aliran Sungai Bogowonto dan anak sungai Bogowonto. Pengunjung bisa menyusuri jembatan-jembatan kayu dan bambu menuju spot-spot yang saling terhubung. Untuk yang satu ini, Intelektual Muda perlu ekstra hati-hati karena ada beberapa jembatan tanpa pagar pembatas untuk dijadikan pegangan.

Untuk bisa menikmati indahnya hutan mangrove ini ngga perlu mahal, Intelektual Muda cukup merogoh kocek sebesar Rp3.000,- saja per orang. Sedangkan biaya parkir kendaraan seharga Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000,- untuk mobil. Soal keindahan jangan ditanya! Ada banyak spot foto yang pastinya bisa bikin feed Instagram Intelektual Muda jadi keren banget. Mau foto candid, selfie dengan view menarik atau mau foto dengan latar pesan-pesan cinta yang kocak semuanya bisa. Puas berfoto, Intelektual Muda juga bisa nyobain gimana serunya menyusuri sungai dengan kapal. Lengkap banget kan?

Gimana Intelektual Muda? Segera agendakan buat datang ke Hutan Mangrove Kulon Progo ya! Biayanya murah, tempatnya mudah dijangkau, dan banyak spot menarik. Sayang kan kalau dilewatin. (Reporter FiestA FM: Fatma Ariska)

https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/mangrove.jpg?fit=960%2C636https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/mangrove.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMExcursionReview
Kalau mau membahas destinasi wisata di Jogja, ngga bakal abis yaa Intelektual Muda. Mulai dari bangunan bersejarah, candi-candi peninggalan masa lampau, wisata gunung, sampai pantai semuanya ada. Ngomongin pantai di Jogja, mulai dari ujung timur sampai ujung barat ada deretan pantai di pesisir selatan yang pemandangannya menawan dengan ciri...