Sumber : Google

Halo, Intelektual Muda dimanapun kamu berada. Tidak terasa liburan semester akan segera berakhir, dan akan segera memulai semester baru. Mungkin Intelektual Muda harus menanamkan tagline ini sebelum masuk kuliah nih, “Semester Baru, Semangat Baru!” Nah, supaya kamu sukses di semester baru, perhatikan 10 tips untuk kamu yang akan memulai lembaran baru di semester ini :

  1. Refleksi Diri dari Semester yang Lalu

Kilas balik sebentar ada baiknya loh Intelektual Muda. Dengan berkaca dari kesalahan-kesalahan yang mungkin kamu lakukan di semester kemarin, seperti mengerjakan tugas mendekati deadline, belajar semalam sebelum ujian, dan membolos kelas yang tentunya merugikan kamu, bisa diambil pelajaran agar tidak mengulang kesalahan-kesalahan itu di semester yang baru ini. Kamu  juga bisa memperbaiki sistem belajar, atau bahkan cara bersosialisasi yang mungkin dirasa belum tepat. Jangan sampai semester ini terjatuh di kesalahan yang sama ya!

  1. Rencanakan Pengambilan Mata Kuliah Semester Berikutnya

Setiap memasuki semester baru, kita dihadapkan dengan pengambilan mata kuliah yang akan menjadi makanan sehari-hari kamu nih. Maka dari itu, jangan sampai salah pilih Intelektual Muda. Jangan kurang, dan jangan juga berlebih. Pilih porsi yang pas dimana kamu bisa menanggung beban SKS dan materinya nanti. Memang mencoba mengambil mata kuliah di tingkat atas itu bagus, tetapi harus ada pertimbangan dan kesiapan yang lebih untuk itu. Konsultasikan dengan Dosen Pembimbing Akademik atau senior-senior kamu akan sangat membantu, jadi jangan ragu untuk bertanya, ya!

  1. Persiapkan Senjata (Alat Tulis dan Perlengkapan)

`     Ibarat berperang, apalah artinya tanpa senjata. Begitu juga dengan kuliah, apalah artinya tanpa alat tulis, dan mungkin tas atau sepatu baru? Jangan salah, kelengkapan alat tulis yang kamu bawa bisa berdampak pada sisi psikologis kamu loh, Intelektual Muda. Orang yang mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, akan mempermudah proses orang tersebut menuju sukses. Jadi, kalau peralatan tulis kamu sudah lengkap, nggak perlu tengok kanan-kiri kan untuk meminjam? Proses belajar di kelas juga terasa lebih kondusif. Apalagi saat ujian, terkadang ada dosen yang tidak memperbolehkan mahasiswanya untuk meminjam alat tulis saat ujian. Gimana kalau kamu tidak siap? Nahlo.

  1. Cari Buku dan Referensi yang Mungkin Dibutuhkan

Sumber : Google

            Tidak ada salahnya buat kamu yang ingin mencuri start untuk mencari referensi tentang mata kuliah yang akan kamu hadapi nanti. Mencari di perpustakaan, membeli di toko buku, ataupun meminjam dari kakak tingkat, darimanapun sumbernya tidak masalah. Selain memudahkan kamu untuk belajar nantinya, setidaknya kamu sudah satu langkah lebih unggul daripada teman-temanmu yang datang dengan tangan kosong di semester baru nanti.

  1. Membuat Jadwal dan To-do-list

Siapa bilang membuat jadwal hanya untuk anak sekolahan saja? Anak kuliahan malah semakin perlu membuat jadwalnya sendiri loh! Bukan hanya jadwal kuliah, mungkin juga jadwal kumpul UKM, jadwal hangout, dan jadwal me-time. Karena masa-masa kuliah merupakan masa dimana kamu dituntut untuk mandiri, sehingga harus pintar-pintar membagi waktu dan memprioritaskan hal-hal yang lebih penting, dan menunda yang kurang penting.

To-do-list juga sangat diperlukan, kamu bisa menempel sticky-notes lucu di kamarmu, atau mungkin reminder di HP kamu, tulis apa saja yang harus dilakukan pada hari itu, minggu itu, bulan itu, atau bahkan selama satu semester itu. Jangan lupa beri checklist untuk list yang sudah kamu jalankan.

  1. Persiapkan Keuangan dan Transportasi

Uang bukan segalanya, tetapi segalanya butuh uang. Benar sekali Intelektual Muda, khususnya untuk kamu yang harus merantau dan jauh dari rumah, persiapkan keuangan dan atur pemasukan serta pengeluaran agar kamu tidak perlu sering-sering meminta tambahan uang jajan dari orang tua. Usahakan jangan sampai uang bulanan kamu habis sebelum waktunya, karena kamu akan kesusahan sendiri nantinya.

Masalah transportasi juga perlu untuk direncanakan. Menggunakan alat transportasi apa, kapan, dan berapa biayanya, serta pegurusan tiket dan lain-lain memang sudah menjadi salah satu hal yang sering dicemaskan oleh mahasiswa rantau. Pandai-pandailah me-manage jadwal pulang dan berangkat kamu.

  1. Siapkan jadwal khusus Stress Reliever

Merencanakan agenda khusus untuk menghilangkan stress juga perlu loh, karena siapa tahu masa kuliah kamu semester ini bisa jadi penuh tekanan. Stress bisa berpengaruh dalam kesahatan kamu, dan itu dapat mengganggu kuliah juga nantinya. Maka dari itu, perlu bagi kamu membuat rencana untuk hangout, nonton film bersama teman, atau melakukan kegiatan outdoor lainnya untuk me-refresh pikiran dan fisik kita dari rutinitas yang membosankan dan melelahkan.

  1. Be Healthy, Be Ready!

Memang benar kesehatan itu nomor satu. Karena jika kita jatuh sakit, segala aktivitas dapat terhambat. Karena itulah kamu harus terus menjaga kesehatan agar segala kegiatan perkuliahanmu tidak terganggu. Makan teratur, istirahat yang cukup dan rajin berolahraga adalah kunci utama untuk menjaga tubuh agar tetap fit.

  1. Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Jangan anggap sepele doa dan restu dari orang tua, Intelektual Muda. Karena usaha tidak ada artinya tanpa doa. Awali semester barumu dengan meminta restu pada Orang Tua, karena selama ini merekalah yang menjadikanmu bisa berdiri menjadi mahasiswa di kampusmu saat ini, kan?

  1. Luruskan niat, tentukan target dan Break Your Record!

Jika seluruh tips diatas telah dilaksanakan, jangan lupa dengan niat awal kamu untuk berkuliah, tentukan target-target semester ini yang akan membuatmu melampaui dirimu yang sebelumnya.

Sumber : Google

Itu dia kesepuluh tips yang bisa kamu gunakan sebagai acuan untuk mempersiapkan semester berikutnya. Semoga tips-tips diatas bermanfaat dan tentu nya bisa langsung kamu aplikasikan ya. Semangat menyambut semester baru, dan semoga sukses, Intelektual Muda! (Diva Lubiana)

https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/3-1.jpg?fit=812%2C536https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/3-1.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMThe Saturday Post
Halo, Intelektual Muda dimanapun kamu berada. Tidak terasa liburan semester akan segera berakhir, dan akan segera memulai semester baru. Mungkin Intelektual Muda harus menanamkan tagline ini sebelum masuk kuliah nih, “Semester Baru, Semangat Baru!” Nah, supaya kamu sukses di semester baru, perhatikan 10 tips untuk kamu yang akan memulai...