Moment yang berharga kerap kali diabadikan dalam sebuah foto. Foto-foto yang berarti tentulah dipajang ditempat-tempat tertentu supaya mudah dilihat, untuk kembali mengenang masa-masa yang ikut terabadikan dalam foto itu. Foto sangat erat kaitannya dengan figura ataupun bingkai foto. Bingkai foto yang menarik tentunya akan menambah kesan tersendiri terhadap foto yang akan dipajang. Seringkali, kita kesulitan untuk menemukan bingkai foto yang sesuai dengan selera kita. Lalu apa hal yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan bingkai foto sesuai selera kita?

Nah Intelektual Muda, DIY kali ini akan membahas tentang cara-cara membuat bingkai foto dari kardus bekas. Proses pembuatannya tidak terlalu rumit ataupun susah, dan pastinya sangat cocok untuk mengisi waktu luang, terutama saat-saat liburan ini Intelektual Muda. Selain bisa disesuaikan dengan keinginan kita, pembuatan bingkai foto dari kardus ini juga menghemat biaya. Lalu apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan dan bagaimana proses pembuatannya? Yuk kita lihat.

Langkah 1: Siapkan bahan dan peralatan
Kumpulkan beberapa kardus bekas, bisa kardus sereal atau kardus lainnya yang memiliki ukuran yang cukup untuk bingkai foto. Selain kardus bekas, kita juga membutuhkan gunting, cutter, spidol, penggaris, peralatan menggambar serta peralatan melukis (bila dibutuhkan), dan lem dengan kualitas rekat yang bagus.

Langkah 2: Potong kardus sesuai dengan ukuran yang akan kita buat
Pertama potong kardus menjadi sebuah kotak dengan menggunakan alat pemotong yang kamu punya (gunting atau cutter). Ukuran bingkai pda umumnya 4×6 cm atau 5×7 cm. Intelektual Muda juga bisa menyesuaikan dengan ukuran foto yang akan dipajang. Lalu tentukan berapa lebar bingkai yang diinginkan? Misalnya untuk ukuran foto 4×6 cm dan mempunyai lebar bingkai 2 inchi, maka Intelektual Muda harus memotong kardus berbentuk kotak dengan ukuran 6×8 cm.

Langkah 3: Potong seluas foto
Jika Intelektual Muda sudah memiliki kardus yang berukuran 6×8 cm, maka sekarang saatnya untuk memotong bagian tengah kardus tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan menempelkan foto yang akan dipasang tepat ditengah-tengah kardus itu. Tandai, lalu potong.

Langkah 4: Membuat garis di dalam bingkai (Inner Liner)
Agar bingkai fotonya terlihat bagus, ada baiknya membuat seperti double frame. Caranya cukup memotong kertas karton yang berwarna putih, ukurannya lebih kecil dari bingkai luar. Gunakan cutter agar hasilnya rapi.

Langkah 5: Cat atau hiasi biangkai foto
Intelektual Muda bisa menggunakan apapun untuk menghiasi bingkai foto yang dibuat. Misal dengan cat akrilik, atau bisa juga dilapisi dengan kertas dekoratif, kain, stiker atau apapun yang bagus menurut Intelektual Muda. Yang jelas ini akan membuat bingkai foto lebih indah.

Langkah 6: Membuat bagian belakang bingkai dengan bahan yang sama dan lem semua bagian
Potong kardus sebesar bingkai yang kita buat. Berikan lem disetiap sudut bingkai. Rekatkan bingkai luar, Inner Liner dan foto. Bisa juga menggunakan selotip. Namun siring dengan waktu, bila menggunakan selotip maka selotip akan lepas. Jadi lebih baik menggunakan lem, tapi secukupnya saja. Jangan lupa Intelektual Muda, tambahkan plastik bening jika dibutuhkan. Nah, bila diurutkan urutannya menjadi bingkai luar, Inner Liner, plastik bening, foto dan cover belakang.

Langkah 7: membuat penyangga bingkai foto
Pilihlah kardus yang cukup tebal Intelektual Muda. Potonglah kardus dengan bentuk yang sama seperti penyangga bingkai foto pada umumnya. hiasi penyangga sesuai dengan selera. Tempelkan penyangga di bagian cover belakang bingkai foto. Dan bingkai foto pun selesai dibuat.

Itulah cara-cara membuat bingkai foto dengan menggunakan kardus. Mudah bukan? Ini hanyalah gambarannya tentang cara-caranya saja ya Intelektual Muda. Intelektual Muda bisa mengembangkannya sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

Oleh: Reni Rahma
Sumber: www.suherlin.com

Fiesta FMTak BerkategoriDIY
Moment yang berharga kerap kali diabadikan dalam sebuah foto. Foto-foto yang berarti tentulah dipajang ditempat-tempat tertentu supaya mudah dilihat, untuk kembali mengenang masa-masa yang ikut terabadikan dalam foto itu. Foto sangat erat kaitannya dengan figura ataupun bingkai foto. Bingkai foto yang menarik tentunya akan menambah kesan tersendiri terhadap foto...