Sumber: Google Image

Musim hujan telah tiba, itu tandanya kita harus bersiap-siap melawan perubahan cuaca nih Intelektual Muda. Selain dengan menyiapkan payung atau jas hujan, beristirahat yang cukup agar tidak mudah sakit, meminum minuman hangat tentunya juga dapat membuat tubuhmu lebih nyaman lho! Pasti enak kan minum secangkir kopi atau susu hangat sembari melihat hujan? Apalagi jika cangkir atau mug yang digunakan lucu dan kekinian banget, wah bisa sekalian post di Instasory nih. Hmm, tapi tidak dipungkiri juga ya terkadang harga secangkir mug yang bercorak tulisan atau gambar lucu lumayan mahal. Terus gimana dong?

Nah, kita punya solusi nih buat kamu yang pengen punya mug kekinian dengan harga terjangkau dan menariknya, bisa kamu kreasikan sendiri. Yup! namanya teknik Sharpie Mug!

Sumber: Google Image

Bahan dan Alat yang Diperlukan:

  1. Gelas Mug atau gelas berbahan porselen/keramik. Sangat disarankan yang berwarna putih, agar lebih mudah dicoret-coret.
  2. Spidol permanen khusus keramik/porselen. Boleh warna apa saja sesuai keinginan kamu. Pssst, pakai spidol permanen biasa juga bisa loh, cuma harus berhati-hati karena mudah terhapus ya, hehe.
  3. Oven untuk memanggang mug
  4. Sebotol alkohol + tissue kertas atau kain lap (opsional, hanya untuk menghapus kemungkinan kesalahan saat menggambar)
  5. Kertas (opsional, untuk mencoba desain yang kita inginkan sebelum menggambar di mug)

Sumber: Google Image

Cara Pembuatan:

  1. Untuk persiapan, sebaiknya kamu mencoba untuk menggambar atau mencoret-coret desain yang ingin kamu buat di selembar kertas, agar desain yang kamu inginkan lebih rapi dan tidak banyak melakukan kesalahan nantinya.
  2. Jika sudah siap dengan desain yang ada di pikiranmu, tuangkan dalam Mug yang sudah kamu siapkan tadi. Keluarkan imajinasi dan kreatifitasmu. Boleh dengan tulisan-tulisan kekinian, ataupun dengan gambar-gambar lucu dan menarik, suka-suka!
  3. Ups! Ada coretan yang salah? Tenang, jika kamu sudah menyiapkan alkohol tadi, tinggal tuangkan beberapa tetes alkohol ke tissue atau kain lap, dan usapkan ke tulisan/gambar yang salah tadi.
  4. Merasa tulisan/gambar yang kamu buat di Mug sudah cukup cantik? Saatnya “memanggang” mug di dalam Oven. Set oven di suhu 350°F atau sama dengan 180°C selama 30 menit. Bagaimana jika tidak ada oven? Tunggu dan biarkan selama seharian juga bisa kok, tapi bila dipanggang dengan oven tulisan dan gambar kamu akan tahan lebih lama.
  5. Setelah menunggu 30 menit, keluarkan mug dan voila! Mug cantik untuk menikmati minuman hangat di kala hujan telah jadi!

Selamat mencoba di rumah ya, Intelektual Muda. Kami tunggu kreasi Sharpie Mug buatanmu! Hihi. (Reporter FiestA Radio: Diva Lubiana)

https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/98mug.jpg?fit=600%2C450https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/98mug.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMFeatureNews
Musim hujan telah tiba, itu tandanya kita harus bersiap-siap melawan perubahan cuaca nih Intelektual Muda. Selain dengan menyiapkan payung atau jas hujan, beristirahat yang cukup agar tidak mudah sakit, meminum minuman hangat tentunya juga dapat membuat tubuhmu lebih nyaman lho! Pasti enak kan minum secangkir kopi atau susu hangat...