Intelektual Muda, mungkin kita sudah tidak asing dengan kolak atau kurma yang sering dijadikan sebagai menu utama dalam berbuka puasa. Namun, ada satu masakan unik dari bangsa Persia yang mereka jadikan sebagai menu berbuka.

Adalah Fesenjan atau Fesenjoon yang merupakan makanan khas dari Iran yang juga disajikan sebagai menu berbuka puasa. Di Iran, menu ini juga dikenal sebagai Khoresh-e fesenjān. Fasenjoon menggunakan bahan dasar unggas-unggasan seperti bebek, ayam, dan burung dara.

tumblr_nqs4t6KX2S1u1rhe5o1_500

sumber: google.com

Olahan unggas seperti bebek atau ayam dengan potongan daging tebal kaya akan rasa asam-manis. Jus delima dan kacang kenari memberi tekstur kental warna cokelat dan aroma unik pada masakan yang satu ini.  Fasenjoon biasa disajikan dengan nasi yang masih hangat. Uniknya, makanan ini mirip dengan gudeg, yang apabila disimpan lama, rasanya semakin enak. Pada beberapa koki, Fesenjan juga bisa dinikmati dengan variasi bola daging giling, daging atau disebut ghormeh serta ikan. Bersama seporsi nasi putih atau kuning Persia yang disebut polo atau chelo, Fesenjan menempati daftar teratas sajian menu Ramadan di Iran seperti dikutip dari Whats4Eats. Karena tekstur dan rasanya yang cenderung tajam, makanan ini biasa dijadikan menu makanan utama.

sumber : google.com

sumber : google.com

Tapi, masakan ini sekilas mirip dengan rendang ya Intelektual Muda. Nah kalau Intelektual Muda penasaran untuk membuat masakan yang satu ini, Intelektual Muda bisa langsung mengunjungi situs Youtube dengan memasukan keyword “Fesenjan”. Ada banyak sekali resep-resepnya. Salah satunya bisa Intelektual Muda simak dalam video ini.

 

Credit : Vemale.com & life.viva.co.id

Fiesta FMFeatureNewsfood
Intelektual Muda, mungkin kita sudah tidak asing dengan kolak atau kurma yang sering dijadikan sebagai menu utama dalam berbuka puasa. Namun, ada satu masakan unik dari bangsa Persia yang mereka jadikan sebagai menu berbuka. Adalah Fesenjan atau Fesenjoon yang merupakan makanan khas dari Iran yang juga disajikan sebagai menu berbuka...