Surakarta- Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret Surakarta (HMP PLB UNS) menggelar acara Gebyar Hari Difabel Internasional 2017 di Solo Grand Mall (26/11). Acara yang bertema “Inclusive is me” ini  merupakan puncak acara Hari Difabel Internasional (HDI) HMP PLB UNS.  Peringatan HDI ini rutin dilaksanakan oleh HMP PLB UNS setiap tahunnya untuk memperingati Hari Difabel Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember.

HDI  sendiri  memiliki  serangkaian  acara  yaitu  Futsal dan Goalball (sepakbola untuk anak tunanetra), CFD Ceria,  Seminar Nasional, LKTI Nasional dan Literasi untuk anak-anak tunarungu,  serta  Gebyar HDI  sebagai  puncak  acaranya.

Gebyar HDI 2017 menyuguhkan  penampilan dari anak-anak SLB di Solo antara  lain SLB  Harmoni , SLB Agca  Center,  S.  Inklusi  Al-Firdaus,  dan  masih  banyak  lagi.  Kemudian,  dilanjutkan dengan Talkshow  bersama Ibu  Mahardika Sipratiwi dan Bapak  Anwar  selaku dosen PLB UNS  yang  membahas  tentang  anak  difabel,  khususnya  penanganan  untuk  mereka.  Komunitas  Musik  Fisip  (KMF)  pun turut  meramaikan  acara  ini  dengan  performance-nya.

Tidak  hanya  itu,  HDI  juga  mengadirkan  pameran  seni   berupa  hasil  karya  dari  anak-anak  berkebutuhan  khusus  (ABK)  dan  stand  konsultasi  ABK.  Stand  ini  diperuntukan  oleh  orang  tua  yang  memiliki  anak  penyandang  difabel.

Acara ini mengundang banyak perhatian dari  pengunjung  Solo  Grand  Mall.  Bahkan  Alumni  dari  PLB  UNS  pun  turut  hadir,  salah  satuya  adalah  April,  alumni tahun 2012.  Menurutnya  acara tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di area dalam kampus tetapi tahun ini berada di mall.  “Acara untuk tahun ini lebih bagus, kreatif dan maju,” tambah April.

Pradita Mandala Putra, Ketua Pelaksana  HDI,   menjelaskan  bahwa  tujuan  dari  acara  ini  adalah untuk menyadarkan masyarakat bahwa kita sebenarnya semua sama, tidak ada perbedaan  antara  mereka  yang  dianggap  normal dan anak-anak  berkebutuhan  khusus.  “Ya,  melalui  acara  ini  semoga  bisa  meningkatkan  kepercayaan  diri  ABK,”  ucap  Pradita.  Selain  itu,  Pradita  juga  berharap  acara  seperti  ini lebih  sering  diselenggarakan  untuk  menyadarkan  masyarakat  akan  toleransi  terhadap  ABK. ( Reporter FiestA: Nurunnisa  Febrianti /  Melati  Septyana)

Fiesta FMEventNews
Surakarta- Himpunan Mahasiswa Pendidikan Luar Biasa Universitas Sebelas Maret Surakarta (HMP PLB UNS) menggelar acara Gebyar Hari Difabel Internasional 2017 di Solo Grand Mall (26/11). Acara yang bertema “Inclusive is me” ini  merupakan puncak acara Hari Difabel Internasional (HDI) HMP PLB UNS.  Peringatan HDI ini rutin dilaksanakan oleh HMP...