Menjelajahi-hutan-dengan-berspeda-di-Gunung-Pancar-600x300

Anak muda jaman sekarang pasti deh hobi foto-foto, nah Intelektual Muda juga pasti iya kannn? Kalo kalian lagi ada di Jakarta atau sekitarnya dan kalian mau foto-foto keren di tempat yang beda dan hits, bisa banget coba ke obyek wisata yang satu ini. Banyaknya obyek wisata di Bogor ini membuat anak-anak muda dari sekitar Jabodetabek sering berwisata. Tidak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke Kota Bogor ini karena daya tarik wisatanya. Obyek wisata yang lagi hits atau “kekinian” di Kota Bogor sangat banyak, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata edukasi, wisata budaya, sampai wisata sejarah. Kali ini, kita akan membahas mengenai obyek wisata kekinian yang sering sekali dikunjungi oleh anak-anak muda Bogor dan Jakarta akhir-akhir ini; Gunung Pancar!

Gunung Pancar adalah sebuah gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 800 meter diatas permukaan laut yang terletak di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor. Apabila ingin mengunjungi tempat ini, dapat melewati tol dan keluar di Gerbang Tol Sentul Selatan kemudian terus saja mengikuti jalan melewati Desa Babakan Madang dan Desa Karang Tengah. Kondisi jalan beraspal dan cukup baik dengan jarak ± 13 km dan waktu tempuh ± 20 menit. Apabila menggunakan sepeda motor atau sepeda, bisa melewati Desa Cimahpar yang tembus ke Sentul Selatan juga.

gn-pancar-4-up

Gunung Pancar termasuk ke dalam Taman Wisata Alam (TWA) dibawah Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat. Tetapi sejak 1994, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka PT. Wana Wisata Indah di beri Hak Pengusahaan Pariwisata Alam di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini. Jadi, tempat ini memang boleh digunakan sebagai obyek wisata, berbeda ya dengan Cagar Alam yang membutuhkan Simaksi untuk masuk ke dalam tempatnya.

Di tempat ini, tersedia pemandian air panas, makam keramat, dan menikmati pergelaran kesenian tradisional daerah yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Wisata alam sambil olahraga (hiking, berkemah, berkuda, bersepeda, tenis, berenang (air panas), lintas alam) dan wisata konvensi (berwisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi) juga bisa dilakukan disini. Tapiiiii, yang bikin Gunung Pancar jadi hitz banget adalah pohon pinusnya itu! Keren buat foto lho, Intelektual Muda~!

Areal-camping-di-kawasan-wisata-Gunung-Pancar-600x376

Nah, buat Inteletkual Muda yang berencana melakukan pre-wedding, tempat ini juga bisa dijadikan tempat pre-wed. Suasana yang teduh, nyaman, dan romantis ala Bella dan Edward di film Twilight hahaha. Jadi jika ingin merasakan memasuki hutan dengan pepohonan yang tinggi-tinggi seperti yang ada di film Twilight, nggak usah jauh-jauh pergi ke luar negeri hihi…

Wisata-Gunung-Pancar-Bogor

Tarif memasuki tempat wisata ini tidaklah mahal, cukup Rp 2000/orang untuk wisatawan lokal. Apabila pengunjung membawa kendaraan, dikenakan biaya Rp 1000/motor dan Rp 1500/mobil. Murah banget kan, Intelektual Muda??

Nah, jika sudah cukup puas untuk foto-foto di hutan pinus, pengunjung bisa meneruskan untuk mandi di pemandian air panas. Pemandian ini buka selama 24 jam. Lokasinya tidak jauh dari pintu masuk, hanya terus mengikuti jalan dan nanti bertemu dengan pintu masuk pemandian air panas. Harga tiket masuk air panas Gunung Pancar adalah sebesar Rp 25.000 per orang. Juga tersedia kolam pemandian terbukaf untuk umum dan di kamar mandi khusus, bebas memilih. Nah katanya nih, air panas di Gunung Pancar memiliki khasiat yang sangat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, karena air panas ini alami. Cocok bagi pengunjung yang ingin melakukan terapi ataupun sekedar relaksasi.

Pepohonan-pinus-di-Gunung-Pancar-600x280

Jadiiiii, Intelektual Muda gimana tertarik untuk mencoba berwisata di Gunung Pancar? Mungkin kalo kalian nggak lagi di daerah Jabodetabek dan tetep pengen ke tempat foto keren yang banyak pohon pinusnya, kalian bisa coba ke daerah Jogjakarta yaa, karena disana juga ada tempat yang mirip kayak Gunung Pancar, Intelektual Muda!
Selamat berwisata, Intelektual Muda! Oh iya, jangan lupa membuang sampah yang kalian bawa ke tempat ini, supaya tetap bersih yaa:)

 

Sumber:

Gunung Pancar, Wisata ‘Kekinian’ ala Anak Muda Bogor

http://www.initempatwisata.com/wisata-indonesia/bogor/wisata-gunung-pancar-destinasi-akhir-pekan-di-bogor-yang-disukai/3285/

Fiesta FMFeature
Anak muda jaman sekarang pasti deh hobi foto-foto, nah Intelektual Muda juga pasti iya kannn? Kalo kalian lagi ada di Jakarta atau sekitarnya dan kalian mau foto-foto keren di tempat yang beda dan hits, bisa banget coba ke obyek wisata yang satu ini. Banyaknya obyek wisata di Bogor ini...