ilustrasi.doc

ilustrasi.doc

 

Organisasi menggelar kegiatan? Hal itu sudah biasa. Namun bila organisasi tetap mempertahankan penyelenggaraan kegiatan tahunannya? Itu baru yang namanya luar biasa. Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta (HMJ EP UNS) dalam menggelar acara besar tahunannya, yaitu Annual Conference of Economics Forum (ALCOFE). Sudah dari tahun 2007, HMJ EP UNS menggagas kegiatan ini, dan sampai tahun 2015 telah sembilan kali ALCOFE dilaksanakan.

doc

doc

doc

doc

ALCOFE #9 merupakan serangkaian acara yang diselenggarakan untuk memperingati hari ulang tahun HMJ EP yang bertepatan pada tanggal 10 November 2015 bertempat di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNS. Banyak kegiatan yang dilaksanakan dalam serangkaian acara ini, terangkum dengan tema ‘Revitalisasi Peran Strategis Sektor Pertanian Menuju Ketahanan Pangan Nasional’ yang terdiri dari kegiatan Olimpiade Nasional Sekolah Menengah Atas (SMA), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Mahasiswa, Seminar Nasional (Semnas), Farewell Party, dan Fieldtrip. Tidak tanggung-tanggung dalam mendatangkan pembicara di Semnas, HMJ EP mendatangkan pakar-pakar dan akademisi yang mumpuni di sektor pertanian dalam perekonomian, yaitu Dr. Ir. Handewi Purwanti Saliem M.S (perwakilan dari Kementrian Pertanian RI), Dony P. Joewono S.E., M. Si (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta), Adi Pramudyo (Petani Muda Inspiratif), Izza Mafruhah, S.E.,M.Si (Dosen FEB), dan Anam Lutfi (Mahasiswa FEB).
Jika menelisik ke belakang, ALCOFE selalu memiliki tema yang berbeda-beda di setiap periodenya. Hal inilah yang menjadi tantangan tersendiri bagi para anggota HMJ EP. Mereka berlomba-lomba untuk meningkatkan kreativitas melalui adanya event ini. Pada periode kali ini, tantangan-tantangan tersebut dihadapi oleh panitia yang mayoritas merupakan mahasiswa angkatan 2013. Bukan tantangan namanya bila tidak ada kendala yang menghalangi. Koordinator acara ALCOFE #9, Kurnia Anggun Hapsari ketika diwawancarai reporter Fiesta FM mengatakan, “Kendala tentunya ada, tapi semua ter-cover dengan teamwork yang baik.”
Acara ini diselenggarakan agar bisa menjadi solusi untuk menghadapi masalah sosial nasional serta bisa berguna dan menginspirasi masyarakat. Ketua Pelaksana Acara, Irfan Ismail mengatakan, acara yang ditujukan untuk umum ini terbilang lancar dan sukses. Terlihat dari antusias seluruh peserta, baik dari kegiatan olimpiade sampai kegiatan semnas.
“Semua tiket sold out. Ada 700 peserta yang memenuhi acara semnas di Aula FEB UNS,” ujar Kurnia.
Keberhasilan acara ini tak menutup harapan dari panitia, semoga seluruh peserta yang terlibat mendapatkan esensi dari tema yang diangkat, mendapatkan solusi dari permasalahan sosial yang ada, serta dapat mengimplementasikan solusinya agar berguna bagi masyarakat.

Reporter : Uli Mestika
Editor : Sari Jauharoh

https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/Yoris-Sebastian-di-UNS-Solo1.jpg?fit=960%2C636https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2015/11/Yoris-Sebastian-di-UNS-Solo1.jpg?resize=480%2C640Fiesta FMCampusEventNews
  Organisasi menggelar kegiatan? Hal itu sudah biasa. Namun bila organisasi tetap mempertahankan penyelenggaraan kegiatan tahunannya? Itu baru yang namanya luar biasa. Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta (HMJ EP UNS) dalam menggelar acara besar tahunannya, yaitu Annual Conference of Economics Forum (ALCOFE). Sudah...