Untitled-620x330

SOLO – Kamis 10 Desember hujan yang cukup deras turun pada sore itu sehingga menyejukkan suasana di sekitar kampus Universitas Sebelas Maret, Kentingan, Solo. Akan tetapi suasana yang hangat dan menyenangkan hadir dari salah satu gedung yang berada di UNS, suasana hangat itu berasal dari Student Center UNS sore itu. Suasana yang hangat sudah terasa dari luar dengan adanya beberapa ornamen seni yang indah berwarna merah merona di dekat pintu masuk. Namun tidak hanya itu, terdapat sebuah susunan tulisan berwarna merah darah yang berdiri gagah di dekat taman kecil di depan Student Center bertuliskan “Golongan Darah S”. Ornamen seni dan tulisan yang indah menarik mata semua orang yang melewati Student Center dan bertanya-tanya didalam hati sedang ada apakah di dalam? Golongan darah S? Memang ada golongan darah itu?

Tidak lama kemudian hujan mulai mereda, mahasiswa secara berkelompok mulai mendatangi Student Center UNS yang telah membuat mereka penasaran. Beberapa mahasiswa mengantri di depan pintu masuk disambut oleh beberapa orang panitia yang memastikan semua tamu mengisi buku tamu. Setelah melewati pintu masuk terlihat sebuah banner besar bertuliskan “SEMBURAT 2014 Visual Art Exhibition: Golongan Darah S” ditengahnya, yang dihiasi dengan berbagai nama sponsor disekelilingnya. Terdapat juga beberapa buah balon berwarna merah yang semakin memeriahkan pameran itu.

Beberapa langkah setelah melewati banner besar, sebuah ruangan besar dengan berbagai hasil karya seni memukau dan unik ditampilkan di depan mata. Karya tersebut semakin memukau dengan penerangan yang maksimal di setiap sudut ruangan itu. Dinding-dinding berwarna krem yang terbuat dari papan, menjadi alas untuk menggantungkan berbagai karya seni milik mahasiswa-mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) jurusan Seni Rupa angkatan 2014 itu. Ditengah-tengah ruangan yang besar, berdiri sebuah patung menyerupai manusia terbuat dari gips dan dilapisi serbuk-serbuk kayu yang sangat indah. Setiap sudut ruangan menampilkan berbagai karya yang berbeda, mulai dari karikatur, lukisan, mural, dan berbagai jenis seni yang lainnya.

Sore yang dingin itu menjadi sangat hangat ketika melihat berbagai seni yang memanjakan mata, beberapa orang yang hadir juga sangat antusias dan terlihat sangat menyukai karya-karya yang ditampilkan. Mereka semua mencoba mengabadikan karya-karya indah itu dengan sebuah foto. Beberapa orang mulai berfoto didepan karya dan beberapa lainnya hanya mengabadikan karya saja dengan kamera handphone.

Setelah mengelilingi ruangan besar, terdapat sebuah ruangan lain yang ternyata cukup besar. Terdapat sebuah panggung dipinggir kanan, yang dikelilingi oleh stand-stand milik sponsor pameran ini. Namun yang menarik perhatian adanya 20 orang duduk bersila menghadap sebuah papan persegi panjang berwarna hitam. Papan hitam itu tidak polos, karena terdapat dua orang mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) UNS yang tengah membuat sebuah mural berbentuk wajah perempuan. Mereka memperlihatkan keseriusannya dan sangat detail dalam menggambarkan setiap bagian wajah, menunjukkan bahwa mereka adalah mahasiswa yang sangat kreatif dan memiliki nilai seni yang tinggi. Setengah jam berlalu, kehangatan masih sangat terasa di ruangan itu, dan mural tersebut akhirnya menampilkan wajah perempuan yang cantik nan indah. Beberapa orang yang tadi menyaksikan sangat kagum dengan hasil karya itu, mata mereka terbelalak dengan keindahan karya itu dan kemudian mulai mengabadikan dengan kamera handphone dan SLR yang mereka bawa.

Sesaat akan melangkahkan kaki untuk keluar dari ruangan pameran itu, beberapa panitia menghentikan para tamu sejenak untuk mengambil sebuah sticker gratis dari pameran itu serta menuliskan sebuah voting mengenai karya mana yang paling menarik perhatian para pengunjung pameran. Hasil voting itu nantinya akan diumumkan sebagai karya terfavorit dari pengunjung. Orang-orang yang telah selesai mengelilingi pameran itu terlihat sangat puas dengan apa yang ditampilkan, mereka kembali dengan sebuah simpul senyuman puas di wajah.

https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/Untitled-620x330.png?fit=620%2C330https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2015/12/Untitled-620x330.png?resize=300%2C300Yenni Tri SetyaningrumCampusFeature
SOLO - Kamis 10 Desember hujan yang cukup deras turun pada sore itu sehingga menyejukkan suasana di sekitar kampus Universitas Sebelas Maret, Kentingan, Solo. Akan tetapi suasana yang hangat dan menyenangkan hadir dari salah satu gedung yang berada di UNS, suasana hangat itu berasal dari Student Center UNS sore...