Nggak terasa kita sudah hampir memasuki pertengahan liburan semester genap ya Intelektual Muda. Tapi buat yang beragama Muslim, pasti banyak yang sampai sekarang belum liburan kemana-mana karena lagi puasa. Hmm, puasa jadi halangan kamu buat menikmati liburan? Sekarang sudah bukan jamannya. Soalnya Fiesta FM punya beberapa tips biar kamu tetap bisa liburan dengan nyaman walau pun lagi puasa. Ini dia tipsnya:

1. Saat sahur, pastikan kamu sahur dengan makanan yang bergizi. Contohnya aja, kamu makan sayur, minum vitamin dan air putih. Banyak minum air putih berguna banget, lho Intelektual Muda untuk menjaga stamina kamu saat liburan soalnya secara otomatis kamu butuh tenaga lebih banyak dari biasanya. Jadi air putih bisa menolongmu dari ancaman dehidrasi.

2. Berhubung lagi di bulan suci, cocok banget buat mencoba wisata religi. Mungkin kamu bisa berwisata sambil menapaki jejak sejarah salah satu Wali Songo, atau bisa juga mengunjungi masjid-masjid yang terkenal. Apalagi sedang marak di kalangan mahasiswa untuk touring mengelilingi berbagai Masjid selama bulan Ramadhan. Ini bisa jadi alternatif baru buat kamu yang ingin liburan seru sekalian mendekatkan diri kepada Tuhan.

3. Selain wisata religi, kamu tetap bisa melakukan jenis wisata lainnya entah itu indoor maupun outdoor. Wisata indoor contohnya aja pergi ke museum atau sekedar jalan-jalan ke mall. Tapi kalau kamu ingin wisata outdoor, pastikan memilih tempat yang sejuk. Nggak lucu dong, Inntelektual Muda kalau kamu nekat wisata outdoor di tempat yang panas dan akhirnya kamu mengeluarkan banyak keringat lalu dehidrasi. Jadi dari pada mengambil resiko, cari tempat-tempat sejuk seperti air terjun, daerah pegunungan, dll.

4. Jangan terlalu ngoyo untuk menentukan banyak destinasi. Ingat, kamu sedang berpuasa. Kalau kamu terlalu banyak menargetkan tempat wisata, lebih baik rencana tersebut disimpan sampai lebaran. Karena banyak destinasi wisata sama saja butuh tenaga banyak, padahal kamu sedang berpuasa. Di sini, skala prioritas dalam menentukan tujuan wisata sangat dianjurkan. Pilih tempat-tempat yang paling keren untuk dikunjungi. Selainnya? Kapan-kapan saja ya, Intelektual Muda.

5. Istirahat yang cukup jadi hal yang sangat penting untuk membangkitkan lagi staminamu yang hilang. Sangat dianjurkan untuk istirahat tiap 2-3 jam sekali. Dan jangan terlalu memaksakan kehendak jika memang tubuh sudah tidak kuat lagi untuk lebih lama beraktivitas.

6. Lebih aman kalau liburan beramai-ramai. Kenapa? Karena selain bisa membuat liburan kamu makin asik dan tidak “sepi”, liburan bersama orang-orang yang juga sedang berpuasa akan membuat kamu semakin kuat dalam menahan rasa ingin makan. Setidaknya ada yang mengingatkan jika kamu terlena dengan makanan-makanan di tempat wisata.

7. Jangan lupa membawa peralatan ibadah. Selain karena peralatan ibadah di tempat umum biasanya sudah tidak layak pakai, agar kamu juga tidak ribet mencari perlengkapan ibadah saat sudah memasuki waktu sholat.

8. Kalau kamu masih aja belum yakin untuk melakukan wisata outdoor di bulan puasa, nggak ada salahnya untuk menghabiskan liburan di rumah. Selain hemat, liburan di rumah juga tidak memiliki banyak resiko terhadap status kamu yang sedang berpuasa. Liburan di rumah bisa menjadi asik kalau kamu juga melakukan hal-hal yang asik. Misal, kamu bisa menonton film-film yang keren dan recommended. Atau kamu juga bisa membersihkan kamar agar kamarmu makin rapi dan nyaman untuk tidur. Kamu juga bisa membantu mama menyiapkan hidangan berbuka puasa untuk keluarga.

Dari beberapa tips di atas, pasti bisa membantu kamu mengurangi rasa galau saat liburan jatuh di bulan Ramdhan. Intinya, mau dimana pun kamu liburan harus tetap menjaga kondisi tubuh agar puasa kamu tetap lancar. Semua tergantung kamu, Intelektual Muda. Kalau kamu enjoy dengan yang kamu lakukan, maka dimana pun kamu menetapkan pilihan tempat liburan akan tetap terasa asik.

Enjoy your holiday, Intelektual Muda! (Luna)

https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/images-3.jpg?fit=259%2C194https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2013/07/images-3.jpg?resize=150%2C150Fiesta FMTak BerkategoriTips
Nggak terasa kita sudah hampir memasuki pertengahan liburan semester genap ya Intelektual Muda. Tapi buat yang beragama Muslim, pasti banyak yang sampai sekarang belum liburan kemana-mana karena lagi puasa. Hmm, puasa jadi halangan kamu buat menikmati liburan? Sekarang sudah bukan jamannya. Soalnya Fiesta FM punya beberapa tips biar kamu...