Tidur di bawah pemandangan langit yang berbintang tentu saja memberikan kesan tersendiri. Misalnya sewaktu kita camping di gunung atau di pantai. Ya, tidur di bawah langit yang berbintang memang menyenangkan.

Namun, untuk kamu yang tidak tahan dengan udara dingin di gunung atau di pantai saat malam hari, dan mungkin kamu yang tidak punya waktu untuk camping, kamu tidak perlu lagi memaksakan diri untuk camping di alam terbuka. Kamu bisa membuat sendiri bintang-bintang itu dan menaruhnya di kamar tidur.

Bintang-bintang ini bukan dari helium seperti yang biasa kita lihat di langit. Kita hanya membutuhkan kertas dan gunting untuk membuat bintangnya, alat pelubang kertas untuk melubangi kertas, dan benang untuk menggantungkan bintang. Kertasnya bisa menggunakan kertas lipat warna-warni atau kamu juga bisa membuatnya dari kertas surat kabar dan kertas kado. Nah untuk membuat bintang dari kertas, ikuti langkah-langkah berikut ini ya..

Hal utama yang perlu disiapkan kertas berukuran persegi. Lalu, yang kita butuhkan adalah memotong kertas persegi tersebut menjadi ukuran segi lima. Untuk mendapatkan kertas berbentuk segi lima, kamu bisa mengunduh gambar di bawah ini.

pentagon

Atau kamu bisa juga membuat segi lima dengan mengikuti trik origami berikut. Trik ini bisa digunakan untuk semua ukuran kertas, baik kecil atau besar.

 

  • Trik Origami Membuat Segi Lima

Lipat kertas persegi menjadi setengah

1

 

Lipat sudut kiri bawah kertas ke atas kemudian buka lipatan kembali

2

 

Lipat sudut kiri atas ke bawah, kemudian buka lipatan kembali

3

 

Lipat sudut kanan bawah ke pusat garis lipatan X

4

 

Lipat lapisan kertas paling atas sehingga bisa menjadi setengah

5

 

Lipat tepi bayangan AB ke atas menuju tepi bayangan AC

6

 

Balik kertas kemudian lipat mengikuti garis tengahnya

7

 

Gunting kertas mengikuti garis kertas paling atas

8

9

 

Buka semua lipatan kertas dan kamu akan mendapatkan segi lima yang sempurna.

10

 

Lalu, langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah membuat origami berbentuk bintang. Ikuti langkah-langkah berikut ini ya..

 

  • Membuat Origami Bintang

Mulailah membuat origami bintang dengan meletakkan kertas segi limamu dengan posisi salah satu sisinya sebagai alas. Lipat segi lima di setiap titik sudutnya secara simetris kemudian buka lipatan kembali, sehingga kamu akan membuat segi lima dengan 5 garis simetris di dalamnya seperti ini:

11

 

Lipat sisi alas segi lima sehingga kedua sudut alasnya bertemu dengan garis simetris yang baru saja kamu buat.

12

13

 

Buka lipatan kembali, kemudian buatlah lipatan yang sama di 4 sisi lainnya, sehingga hasilnya adalah seperti ini:

14

 

Lipat sisi kiri segi lima mengikuti lipatan yang baru saja kamu buat. Kemudian lipat juga sisi yang bawah, dalam waktu yang bersamaan tekan sudut segi lima hingga keluar sudutnya di sebelah kiri seperti gambar di bawah ini. Tekan lipatan datarnya.

15

 

Ulangi lipatan tersebut di semua sisinya. Ketika kamu telah selesai dengan lipatan-lipatan itu, kamu akan melihat hasilnya seperti gambar di bawah ini:

16

 

Mulailah dengan membuka semua lipatan di segi limamu, kemudian cubit semua sudut secara bersamaan dan tekan kertasnya menuju ke pusat segi lima. Dengan sedikit ‘tekanan’, kertas akan menjadi bentuk bintang.

17

18

19

 

Balik origami bintang. Lipat sisi kanan menuju ke pusat garis seperti ini:

20

 

Lakukan lipatan tersebut di sisi-sisi yang lainnya secara berurutan searah dengan jarum jam.

21

 

Selesai! Tadaa.. inilah origami bintang yang telah selesai kamu buat:

22

23

 

Lubangi salah satu sudut origami bintang agar bisa dimasuki benang. Buatlah beberapa origami bintang dan susunlah bintang-bintang tersebut seperti gambar di bawah ini:

24

Kamu bisa menaruh rangkaian bintang-bintang itu di jendela, pintu, dinding, atau di langit-langit kamarmu. Sekarang tidur di kamarmu sendiri pun tidak kalah menyenangkan dengan tidur di bawah langit berbintang.

Oh iya, band Coldplay menggunakan desain origami bintang ini dalam salah satu penampilannya saat menyanyikan lagu ‘A Sky Full of Stars’ lho! Untuk melihat videonya, klik tautan berikut ini ya.

Video Coldplay – Sky Full of Stars

Selamat mencoba membuat suasana kamarmu seperti di alam bebas ya Intelektual Muda…

 

Inspirasi : www.homemade-gifts-made-easy.com

Siti Jauharoh K. SariNews
Tidur di bawah pemandangan langit yang berbintang tentu saja memberikan kesan tersendiri. Misalnya sewaktu kita camping di gunung atau di pantai. Ya, tidur di bawah langit yang berbintang memang menyenangkan. Namun, untuk kamu yang tidak tahan dengan udara dingin di gunung atau di pantai saat malam hari, dan mungkin kamu...