Rotan banyak terdapat di hutan Indonesia seperti di Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra. Tanaman rotan adalah sejenis tanaman palem yang merambat dan dapat tumbuh mencapai panjang 100 meter lebih. Kulit rotan dapat menghasilkan anyaman yang sangat kuat. Bagian dalam rotan jika dibelah akan menghasilkan tali rotan yang tipis, disebut petrik.

Membuat Tempat Pensil Tahan Lama Dari Bahan Rotan terlebih dahulu kita menyiapkan bahan-bahan dan alatnyaa adalah sebagai berikut :

bahan+untuk+Membuat+Tempat+Pensil+Tahan+Lama+Dari+Bahan+Rotan

Membuat+Tempat+Pensil+Tahan+Lama+Dari+Bahan+Rotan1

Langkah-langkah pembuatan karya
1. Rendam rotan petrik/pitrit ke dalam baskom berisi air, sebentar saja hanya ingin memudahkan membentuk petrik agar tidak mudah patah. Dapat pula direndam pada air sepuhan warna/ wantex agar rotan berwarna.

Membuat+Tempat+Pensil+Tahan+Lama+Dari+Bahan+Rotan7

2. Ambil bilahan rotan sebanyak 3 lembar ukuran panjang 40 cm. Susun menyilang. Pada bagian 2 lembar tambahkan 1 lembar yang panjang untuk dijadikan pakan (rotan yang berjalan).

3. Buatlah sumbu yang dimulai pada bagian tengah, melilit seperti obat nyamuk. Jika sudah 3 putaran, bukalah jaring-jaring untuk memulai anyaman.

Membuat+Tempat+Pensil+Tahan+Lama+Dari+Bahan+Rotan6

4. Ketika sudah mencapai lingkaran yang dikehendaki, mulailah dengan menegakkan jari-jari (lungsin), agar terbentuk anyaman 3 dimensi. Jika habis, rotan dapat ditambah dengan cara menyelipkan saja.

Membuat+Tempat+Pensil+Tahan+Lama+Dari+Bahan+Rotan5

5. Jika sudah berdiri, mulailah melilitkan kembali pakan hingga mencapai tinggi dan bentuk yang dikehendaki. Lalu, selipkan cetakan agar bentuk dapat terlihat rapi.

6. Lanjutkan anyaman hingga ketinggian tertentu yang dikehendaki, lalu buatlah bentuk sesuai sketsa yang telah kamu tentukan.

Membuat+Tempat+Pensil+Tahan+Lama+Dari+Bahan+Rotan4

7. Gunting sisa jaring-jaring dengan ukuran tertentu. Bagian atas perlu dikunci dengan cara sisa jaring-jaring ditekuk ke dalam atau diselipkan pada anyaman bagian atas hingga ke dalam.

Membuat+Tempat+Pensil+Tahan+Lama+Dari+Bahan+Rotan3

8. Berilah warna yang sesuai selera.

9. Wadah pensil telah selesai. Siswa dapat mengunakannya untuk menempatkan alat tulis agar lebih rapi.

Membuat+Tempat+Pensil+Tahan+Lama+Dari+Bahan+Rotan2

Oleh: Eka Putra

https://i0.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/MembuatTempatPensilTahanLamaDariBahanRotan2.png?fit=400%2C210https://i0.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2016/01/MembuatTempatPensilTahanLamaDariBahanRotan2.png?resize=300%2C210Fiesta FMFeature
Rotan banyak terdapat di hutan Indonesia seperti di Kalimantan, Sulawesi dan Sumatra. Tanaman rotan adalah sejenis tanaman palem yang merambat dan dapat tumbuh mencapai panjang 100 meter lebih. Kulit rotan dapat menghasilkan anyaman yang sangat kuat. Bagian dalam rotan jika dibelah akan menghasilkan tali rotan yang tipis, disebut petrik. Membuat...