Griya Coklat Nglanggeran tampak samping. Dok. Tiara

Halo Intelektual Muda! Siapa diantara kamu suka makan coklat? Wah, pasti hampir semua orang menyukainya. Buah yang satu ini memang disukai oleh banyak orang, karen dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang super lezat!

Ngomongin tentang coklat, ternyata di salah satu dusun di Gunung Kidul, telah berhasil memproduksi coklat sendiri loo, Intelektual Muda. Griya Coklat Nglanggeran namanya. Di Griya Coklat ini, Intelektual Muda bisa menyaksikan pengolahan coklat secara langsung, bahkan sekaligus bertanya kepada sang pemilik seputar coklat! Menarik, bukan ?

Salah satu pohon coklat di daerah Nglanggeran. Dok. Tiara

“Coklat lokal? Enak gak tuh?”

Eits, jangan salah… coklat yang diproduksi oleh kelompok Ibu-ibu Purba Rasa, kelompok Tani kumpul Makaryo dan Unit Pengolahan Hasil di Nglanggeran ini gak kalah kok sama coklat dari Switzerland. Bahkan, coklatnya lebih beragam karena penduduk setempat mengolahnya menjadi berbagai varian, seperti coklat bar (batangan), Cochomix, dodol coklat, ceriping pisang salut coklat, roti coklat maupun coklat bubuk untuk makanan atau minuman.

Bubuk coklat, lemak coklat, kulit coklat dan biji coklat. Dok. Tiara

Coklat yang telah dibuat minuman dalam bentuk sachet Dok. Tiara

Selain pemanfaatan coklat yang beranekaragam, kita harus tahu, nih, Intelektual Muda, “apa sih manfaat coklat itu ?” ternyata coklat punya banyak manfaat seperti, dapat berfungsi sebagai refreshment food, yaitu pemberi efek kesenangan bagi penikmatnya. Selain itu, coklat juga bagus  untuk meningkatkan konsentrasi. Jadi, buat kamu yang gampang salah fokus bisa banget mengonsumsi coklat ya, Intelektual Muda. Tapi, Ingat! coklatnya harus dari Nglanggeran yaa . . hehe

Coklat hangat dari Griya Coklat Nglanggeran Dok. Tiara

So, buat Intelektual Muda yang suka banget makan coklat, jangan lupa mampir ke produsen coklat milih negeri sendiri ya. Kalau bukan kita yang mencoba, siapa lagi ? ^^ Reporter FiestA FM : Tiara Mahatma

Fiesta FMCulinary
Griya Coklat Nglanggeran tampak samping. Dok. Tiara Halo Intelektual Muda! Siapa diantara kamu suka makan coklat? Wah, pasti hampir semua orang menyukainya. Buah yang satu ini memang disukai oleh banyak orang, karen dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang super lezat! Ngomongin tentang coklat, ternyata di salah satu dusun di Gunung...