Everything Now

 

Hai Intelektual Muda #Belagu alias Bedah Lagu minggu ini bakalan ngebahas salah satu single dari band alternatif  asal Montreal, Canada, Arcade Fire, yaitu “Everything Now”. Pasti kalian ga asing kan dengan band beraliran indie-rock ini yang beranggotakan suami istri, Win Butler and Régine Chassagne,  dan saudara mereka William Butler, serta partner mereka Richard Reed Parry, Tim Kingsbury dan Jeremy Gara. Selain itu band ini juga dilengkapi sama beberapa pemain perkusi dan saxophone. Band yang didiriin tahun 2001 ini  mengawali karir mereka dengan merilis album “Funeral”, “Neon Bible”, “The Suburbs” yang ketiga-tiganya sukses, bahkan di album “The Suburbs” yang dirilis pada 2011, mereka memperoleh Grammy Award Kategori “Album Of The Year”  dan beberapa penghargaan bergengsi lainnya. Selain itu mereka juga tergolong produktif dan di album mereka yang ke-4 bertajuk “Reflektor” juga menuai kesuksesan baik secara komersial maupun dari segi kualitas. Dan di tahun 2017 ini mereka resmi merilis album studio ke-5 mereka yang berjudul “Everything Now” dan juga melempar lagu berjudul sama ke publik..

Di “Everything Now” ini kalian bakalan nemuin keunikan-keunikan berupa instrumen yang biasa dipakai sama Arcade Fire nih Intelektual Muda, dimana kali ini kental banget sama suasana summer alias musim panas. Sentuhan disco beat ala grup 70an, ABBA (dan Bee Gees), bikin lagu ini lebih berwarna dan juga paduan string serta synthsizer, yang bikin euforia liburan musim panas makin berasa. Suara khas dari sang vokalis, Win Butler, bikin lagu ini yang jadi pembuka di album “Everything Now” makin beda dari album yang lalu-lau nih Intelektual Muda, dimana biasanya mereka lebih cenderung mellow.

Meski unik dari segi nada dan beatnya, “Everything Now” memiliki makna mendalam lho Intelektual Muda yang kalau diartiin agak berbalik 180 derajat dari nadanya. Menurut Win Butler, orang zaman sekarang sangat konsumtif yang dia gambarin melalui kepemilikan benda di ruangan-ruangan rumah yang terkadang ga ada gunanya. Selain itu gaya hidup boros udah mewabah dan bikin kacau kondisi perekonomian dunia. Di dunia ini semua orang gila-gilaan memenuhi keinginan fisik mereka, selain itu orang-orang juga ngedepanin hal-hal instan nan praktis, dimana digambarin Win melalui lirik :

‘Til every room in my house (everything now)

Is filled with shit (everything now)

I couldnt  live without (everything now)

I need it (everything now)

I can’t live without (everything now)

(everything now)

Everything now”

Dalam banget ya Intelektual Muda artinya. Siapa bilang kritik sosial harus disampein dengan nada keras dan menggebu-gebu, tapi nyatanya bisa juga dengan nada-nada ala dystopian-disco nan fancy seperti lagu “Everything Now” yang dirilis dibawah naungan Columbia Records ini. Buat kamu Intelektual Muda yang sedang cari lagu kritik sosial yang catchy dan tetap bisa diterima semua orang, bisa banget jadiin lagu ini sebagai referensi. (Yuli Nur Afifah)

https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/411557.jpg?fit=920%2C584https://i1.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/411557.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMMusik
  Hai Intelektual Muda #Belagu alias Bedah Lagu minggu ini bakalan ngebahas salah satu single dari band alternatif  asal Montreal, Canada, Arcade Fire, yaitu “Everything Now”. Pasti kalian ga asing kan dengan band beraliran indie-rock ini yang beranggotakan suami istri, Win Butler and Régine Chassagne,  dan saudara mereka William Butler, serta partner...