FiestA FM merupakan radio komunitas kampus berbasis jurnalistik yang berdiri pada tanggal 22 Desember 1999, di bawah Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakulltas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Fiesta FM dipimpin oleh seorang General Manager. Memiliki lima divisi yang dipimpin seorang Program Director. Kelima divisi tersebut adalah divisi Penyiaran, divisi Musik, divisi Teknik Operasi dan Produksi, divisi Reporter dan divisi Kreatif. Selain itu, Fiesta FM juga didukung oleh divisi Marketing Communication.

VISI DAN MISI

Menyajikan informasi dan hiburan dengan target audience intelektual muda. Dengan tujuan menjadi radio komunitas yang informatif, kami berusaha untuk selalu up to date terhadap semua hal yang terjadi saat ini. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan intelektual muda.

Fiesta FM hadir sebagai salah satu wadah bagi para civitas kampus untuk menyalurkan kreativitas dan aspirasi serta sebagai media informasi yang concern terhadap pekembangan keintelektualitasan pendengar.

JANGKAUAN

Sementara ini daya pancar Fiesta FM mencakup coverage 5 % Kota Solo (radius 3-5 km sekitar UNS).

PENDENGAR

Sapaan pendengar Fiesta FM adalah Intelektual Muda.
Usia        : 15-30 tahun.
S.E.S.     : C, B, A.
Karakter : Berjiwa muda, aktif, enerjik, mengikuti perkembangan informasi dan musik dunia.

 

Divisi Penyiaran

Selain melakukan siaran di program siar Fiesta FM, divisi penyiaran juga bertanggung jawab memperbaharui materi siar di media sosial (facebook dan twitter), untuk menjalin interaksi antara penyiar dengan Intelektual Muda. Selama on-air, penyiar diharuskan mencatatan konten siaran di loogbook dan menyimpan script siar.

Divisi Musik

Tugas utama divisi musik adalah memasok lagu baru yang diperbaharui setiap minggu dan menentukan hitz unggulan. Tak hanya itu, divisi musik juga memproduseri program musik Fiesta FM, seperti Undercover, Serenade, Indiesta, OZone, 7 Jaman, 11 Superhitz, Layar Tancep, dan Rock In Friday.

Divisi Teknik Operasi dan Produksi

Divisi ini bertanggungjawab atas penyelenggaraan teknis di Fiesta FM. Seperti menjadi operator ketika talkshow, memproduksi Id’s, greeting, iklan SPOT, ILM, what’s today, Vox Pop. Bertanggung jawab terhadap pengelolaan website dan streaming, serta bertanggung jawab atas inventaris dan alat-alat pendukung siaran Fiesta.

Divisi Reporter

Meliput seluruh event yang diadakan di seluruh UNS, khususnya di FISIP. Divisi reporter juga bertugas dalam talkshow program cerita kampus. Tanggung jawab lainnya adalah membuat berita Sportline News, berita Headline News dan mengisi siaran Headline News tandem dengan penyiar.

Divisi Kreatif & Desain

Divisi kreatif sebagai konseptor di dalam Fiesta FM. Bertugas mengkonsep program baru (on-air, of-air, dan on-line), mengkonsep Id’s, Greeting, Iklan SPOT, ILM, What’s Today, Vox Pop dan Radio Play sebelum diproduksi oleh divisi TOP.

Divisi ini juga memproduseri Program Angkringan setiap hari Senin – Jumat pukul 19.00 WIB dan Program Indonesia Wisdom setiap hari Jumat pukul 15.00 WIB.

Selain itu divisi ini juga bertanggung jawab terhadap produksi segala bentuk desain di FiestA FM.

Divisi Marketing Communication

Marketing Communication berperan menjalin relasi dengan pihak di luar Fiesta FM dalam bentuk kerjasama event maupun media partner. Divisi ini bertanggungjawab mempromosikan Fiesta FM, mengatur pemutaran adlips / spot, cerpus, dan kontraprestasi dengan klien serta menghubungkan seluruh anggota.