Seminar Literasi dan Inklusi Keuangan serta Implementasinya dalam Pendidikan Ekonomi dan Bisnis menghadirkan para narasumber yang ahli dalam bidangnya.

Solo – Program Studi Pendidikan Ekonomi S1 dan S2 mengadakan seminar nasional bertema “Literasi dan Inklusi Keuangan serta Implementasinya dalam Pendidikan Ekonomi dan Bisnis pada Sabtu (22/04). Seminar ini bertempat di Aula Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret.

Acara ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain: Direktur Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, Eko Ariantoro, SE., MA; Akademisi dan Pakar Literasi Keuangan Universitas Negeri Surabaya Dr. Susanti, M.Si; Pimpinan BNI Cabang Surakarta Iwan Affandi, SS, MM; serta Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat FKIP UNS  Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.

Acara ini merupakan acara tahunan yang rutin diadakan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi S1 dan S2 dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini mereka mengambil tema mengenai literasi dan inklusi keuangan seiring dengan adanya kebijakan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Menteri Keuangan yang menggencarkan pengetahuan dan kesadaran untuk mengelola keuangan sejak dini. Koordinator Humas Dwi Puji Astuti S.Pd menuturkan,  “Tema diambil karena dari OJK dan menteri Keuangan sedang menggencarkan literasi dan inklusi yang diharapkan tidak hanya dari pendidik ekonomi tetapi dari masyarakat umum sebaiknya mengerti tentang inklusi dan literasi karena pengenalan tentang pengaturan keuangan harus ditanamkan sejak dini.”

Acara Seminar Literasi dan Inkusi Keuangan serta Implementasinya dalam Pendidikan Ekonomi dan Bisnis dibuka dengan penampilan seni tari Rama dan Sinta.

Serangkaian acara workshop serta seminar ini diadakan selama dua hari. Pada hari pertama yaitu tanggal 21 April 2017 diadakan workshop khusus untuk dosen-dosen dari seluruh Indonesia yang tergabung dalam Aspropindo (Asosiasi Pendidik Ekonomi Seluruh Indonesia). Workshop tersebut membahas tentang bahan ajar yang nanti dapat diterapkan di perkuliahan Pendidikan Ekonomi. Sedangkan pada hari kedua diadakan seminar yang dilanjutkan dengan presentasi oleh para pemakalah yang lolos seleksi. Salah satu target dari seminar dituturkan oleh Ketua Panitia Drs. Sunarto, MM. pada hari itu adalah “Semua artikel masuk didalam proceeding. Dan sekaligus nanti masuk dalam jurnal online.” Makalah yang lolos dan dipresentasikan nantinya akan diusahakan untuk masuk ke dalam jurnal online berakreditasi. Peserta pada seminar ini terbuka untuk masyarakat umum mulai dari S1, S2, S3 bahkan dosen-dosen serta beberapa guru yang menghadiri acara ini. (Reporter fiestA FM: Feby Larasati/Diva Lubiana).

https://i0.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/04/Seminar-1.jpg?fit=960%2C540https://i0.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/04/Seminar-1.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMCampus
Solo - Program Studi Pendidikan Ekonomi S1 dan S2 mengadakan seminar nasional bertema “Literasi dan Inklusi Keuangan serta Implementasinya dalam Pendidikan Ekonomi dan Bisnis pada Sabtu (22/04). Seminar ini bertempat di Aula Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret. Acara ini menghadirkan beberapa narasumber antara lain: Direktur Pengembangan...