Grup musik legendaris, Naif, resmi ngerilis album ketujuh yang bertajuk 7 Bidadari pada 22 Oktober 2017 lalu ya Intelektual Muda. Udah eksis lebih dari dua dekade, Naif bukan sekedar grup yang ngelahirin hits – hits semata. Mereka bahkan tumbuh menjadi ikon musik independen Indonesia yang secara konsisten berkarya dan bertahan di segala situasi industri musik. Nah, lewat album 7 Bidadari ini, Naif punya keinginan bisa kembali ke awal, ke masa – masa dimana mereka ngeracik lagu sederhana tapi penuh makna dan dengan melodi yang susah buat dilupain nih Intelektual Muda. Kenapa sih album baru ini dinamain 7 Bidadari? Ternyata, pemilihan judul 7 Bidadari adalah hasil keputusan bersama. Nama itu terinspirasi dari kisah legenda Jaka Tarub yang bertemu tujuh bidadari, yang kebetulan album ini juga termasuk album ketujuh, langsung deh nama ‘7 Bidadari’ dipilih jadi nama album baru mereka. Info aja nih Intelektual Muda, album 7 Bidadari ini terdiri dari 10 lagu baru yang semuanya diciptain oleh David, Jarwo, Emil, dan Pepeng. Daftar lagu di dalamnya antara lain 7 Bidadari, Alangkah Indahnya Indonesia, Selama Ada Cinta, Diriku Dirimu, Indah, Berubah, Kenali Dirimu, Apa Yang Membuat Dirimu untuk Terus Disini, Sayang Disayang, dan yang terakhir adalah Sedjak.

Lagu yang berjudul ‘Sedjak’ merupakan lagu kelima dari album 7 Bidadari ini ya Intelektual Muda. Sebelum ngebahas ‘Sedjak’, kamu harus tau nih kalau Naif sengaja ngebawain lagu – lagu bernuansa lama kayak album awal mereka. Dari departemen musik, album ini menawan banget. David mastiin kalau album 7 Bidadari ini masih nyuguhin musik pop sederhana yang udah jadi ciri khas Naif selama ini. Nah, untuk lagu yang berjudul ‘Sedjak’, Naif ngasih nuansa musik keroncong yang sangat kental, terutama dengan adanya permainan gendang dan suling pipa, bikin suasana keroncong makin terasa di telinga kamu nih Intelektual Muda. Dengan adanya musik gendang, lagu ini termasuk salah satu lagu yang bikin album 7 Bidadari ini menarik. Unsur musik ke-Hawaii-an atau dangdut juga ada di lagu lainnya yaitu ‘Kenali Dirimu’, ‘Apa Yang Membuat Dirimu untuk Terus Disini’, dan juga ‘Sayang Disayang’. Lagu ‘Sedjak’ ini nyeritain seseorang yang lagi jatuh cinta nih. Liriknya pun dalem banget dan kebanyakan berisi pujian untuk seseorang yang dicintai. Kalau kata Naif di dalam lagu ini  “kau membuat semua terlihat indah, bagai di taman surgawi”. Sedaaaap gak tuh Intelektual Muda?!

Untuk proses produksinya sendiri, sang vokalis, David, bilang kalau produksi album 7 Bidadari ini ternyata memakan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 3 tahun. Hal itu dikarenakan jadwal manggung Naif yang emang sibuk banget, dan juga Naif sengaja memilih momen ulang tahun mereka yang ke – 22 untuk ngeluncurin album 7 Bidadari ini. Selain itu, sang gitaris Fajar Endra Taruna alias Jarwo juga bilang kalau proses pembuatan album ini memakan waktu yang cukup lama karena mereka terlalu santai dalam memikirkan hal – hal yang ada di album tersebut. Selain dari materi lagunya, ilustrasi yang ada di sampul album ini juga nggak kalah menarik nih Intelektual Muda. Album yang nampilin gambar 7 bidadari dengan gambar barong ditengahnya ini ternyata merupakan karya dari salah satu seniman visual asal New York Amerika, Glenn Wolk. Nggak heran ya kalau sampulnya keliatan artistic banget.

Udah dijelasin sebelumnya kalau lagu ‘Sadjak’ nyeritain tentang seseorang yang lagi di mabuk cinta. Lagu ini recommended banget buat kamu nih Intelektual Muda yang lagi ngerasain hal yang sama. Dengan alunan musik yang mendayu – dayu dan enak banget didengerin, lagu ini bakalan makin syahdu kalau kamu dengerin pas pagi atau sore hari, dengan cuaca yang agak mendung, ditemenin secangkir teh hangat. Kalau bisa, jangan cuma ditemenin secangkir teh ya Intelektual Muda, tapi juga ditemenin doi yang bikin kamu tergila – gila kayak lirik di lagu ‘Sadjak’. Dijamin deh, makin syahdu. (Alfian Rahardian Afif)

https://i0.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/7-bidadari.jpg?fit=960%2C960https://i0.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/7-bidadari.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMMusik
Grup musik legendaris, Naif, resmi ngerilis album ketujuh yang bertajuk 7 Bidadari pada 22 Oktober 2017 lalu ya Intelektual Muda. Udah eksis lebih dari dua dekade, Naif bukan sekedar grup yang ngelahirin hits – hits semata. Mereka bahkan tumbuh menjadi ikon musik independen Indonesia yang secara konsisten berkarya dan...