Sumber: Google Image

Liburan masih panjang nih, Intelektual Muda. Gak ada salahnya berjelajah ke berbagai daerah buat mencicipi kuliner khas kota tersebut, seperti salah satu kota yang terkenal akan semboyan “Kediri Bersemi” ini. Selain terkenal kampung Inggris nya, ternyata Kediri punya oleh-oleh khas yang wajib kamu coba loh, Intelektual Muda.

Tahu Poo dan Getuk Pisang adalah makanan wajib yang harus kamu coba ketika berlibur ke kota Kediri. Tahu Poo terdiri dari dua varian yaitu tahu putih dan tahu kuning, teksturnya yang lembut dengan rasa kedelai yang khas menjadi kelebihan kuliner ini. Selain itu ada juga tahu pong, jenis tahu ini seperti tahu gejrot atau tahu sumedang, dikenal dengan nama tahu pong karena jenis tahu ini jika digoreng akan mengembung dan tengahnya kosong atau dalam bahasa Jawa disebut kopong. Olahan tahu lainnya yaitu kerupuk dan stik tahu yang juga terkenal sebagai camilan dan oleh-oleh karena rasanya yang cukup lezat.

Untuk mendapatkannya, Intelektual Muda cukup merogoh kocek Rp 20.000 untuk lima buah tahu putih dan Rp 16.500 untuk lima buah tahu kuning. Sayangnya, tahu ini hanya dapat bertahan 1-2 hari jika di luar pendingin. Namun, ada beberapa alternatif kuliner olahan dari tahu ini, seperti Stik Tahu Poo, yang tentunya lebih tahan lama.

Selain tahu ada satu lagi oleh-oleh yang cukup digemari disini loh, yaitu makanan olahan dari pisang, namanya getuk pisang. Bentuknya sendiri tidak seperti getuk pada umumnya, tapi berbentuk seperti lemper atau lontong. Getuk pisang dibungkus dengan menggunakan daun pisang yang digulung sehingga mirip dengan lontong dan berisi pisang raja yang dihaluskan dan sudah dikukus. Rasanya cukup enak, manis dan unik karena sedikit berbeda dengan getuk yang biasa kita kenal.

Si manis dari Kota Tahu Kediri (Sumber: Google Image)

 

Gethuk Pisang Madu Manis Khas Kediri (Sumber: Google Image)

Getuk Pisang dapat Intelektual Muda dapatkan hanya dengan harga harga mulai dari Rp 4.000 hingga Rp 28.000. Terjangkau, bukan? Tidak ada salahnya mencoba membeli tahu atau getuk pisang sebagai buah tangan bagi keluarga maupun sahabat Intelektual Muda sat berlibur di Kediri. Selain tahu dan getuk, disini juga tersedia aneka jajanan dan camilan yang cukup menarik, seperti keripik, kerupuk, roti, kue, minuman jamu dan lainnya. Selain di sentra oleh-oleh Pertigaan Mengkreng Kediri, kuliner ini dapat ditemui di beberapa pusat oleh-oleh di Kediri. (Reporter FiestA FM : Iis Ayu)
Sumber : http://traveling.bisnis.com

https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/images-12.jpg?fit=518%2C284https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/08/images-12.jpg?resize=300%2C284Fiesta FMFeatureNews
Liburan masih panjang nih, Intelektual Muda. Gak ada salahnya berjelajah ke berbagai daerah buat mencicipi kuliner khas kota tersebut, seperti salah satu kota yang terkenal akan semboyan “Kediri Bersemi” ini. Selain terkenal kampung Inggris nya, ternyata Kediri punya oleh-oleh khas yang wajib kamu coba loh, Intelektual Muda. Tahu Poo dan...