Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan ya Intelektual Muda. Salah satunya, kita tidak boleh malas untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut kita. Jangan sampai dengan alasan puasa, mulut kita menjadi bau dan tidak bersih. Supaya gak bau mulut, Yuk jaga kesehatan dan kebersihan mulut kita. Gimana caranya? simak yaa :

  1. Menggosok gigi secara rutin

Buat kamu yang nggak mau mengalami bau mulut pada saat siang hari, usahakan untuk menggosok gigi secara rutin setiap pagi setelah bangun tidur dan malam menjelang tidur yaa. Selain itu, kamu juga dapat membersihkan gigi setelah makan karena biasanya sisa makanan akan bersembunyi di sela-sela gigi. Sehingga akan memicu terjadinya bau mulut yang sering menghampiri. Disarankan untuk membersihkan plak yang ada di gigi untuk mengatasi masalah tersebut. Hal ini gak hanya dilakukan pas bulan puasa aja loh yaa tetapi harus dilakukan setiap hari secara rutin biar gak bakal bau mulut.

  1. Mengkonsumsi air putih

Saat berpuasa disarankan untuk mengkonsumsi air putih. Karena dengan mengkonsumsi air putih akan membantu dalam menghilangkan bau mulut yang dirasakan selama berpuasa. Hal ini akan meningkatkan produksi air liur. Sehingga dapat berdampak baik berupa air putih akan menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda. Untuk itu silahkan mengkonsumsi dua gelas air putih saat berbuka, dua gelas di saat malam hari, dua gelas menjelang tidur dan dua gelas saat sahur.

  1. Hindari makanan yang lengket

Mengkonsumsi makanan yang lengket hanya akan menyebabkan tertinggal di gigi. Sehingga menyebabkan bakteri yang ada di mulut menjadi berkembang. Untuk itu hendaknya apabila Anda menghindarinya selama berpuasa. Beberapa jenis makanan lengket antara lain coklat, permen, coklat biskuit dan kue basah. Hal ini karena apabila tidak segera dibersihkan dengan benar akan menyebabkan bau mulut. Terlebih apabila pada saat siang hari tentu saja akan dengan mudah dirasakan oleh mulut kamu.

  1. Hindari makanan berbau tajam

Makanan dengan bau yang tajam akan dengan mudah untuk menyebabkan terjadinya bau mulut. Hendaknya mulailah dengan menghindarinya baik saat sahur atau pun berbuka. Beberapa contoh makanan berbau tajam antara lain yaitu durian, jengkol, Pete dan rokok. Hal ini karena akan dengan mudah berpengaruh pada saat Anda menjalankan puasa. Terlebih apabila siang hari tentu saja akan merasakan hal yang sama dirasakan.

  1. Berolah raga ringan

Cara menghilangkan bau mulut di bulan puasa adalah dengan menjalani olah raga ringan menjelang berbuka. Dengan demikian akan menetralkan bau mulut terlebih pada saat siang hari. Disarankan untuk tidak terlalu banyak menjalani tidur siang karena akan menyebabkan bau mulut. Hal ini karena mulut akan memproduksi adanya gas beracun yang ada didalam mulut.

  1. Konsumsi yogurt

Dengan mengkonsumsi yogurt akan membantu dalam menghindari terjadinya bau mulut saat berpuasa. Manfaat mengkonsumsi yogurt adalah untuk membantu menyehatkan sistem pencernaan. Sehingga dapat menghindari terjadinya bau mulut yang dirasakan terlebih apabila Anda sedang berpuasa.

  1. Memperbanyak buah

Kamu bisa mengkonsumsi buah dan sayuran segar untuk membantu dalam mengatasi bau mulut yang dialami. Sehingga akan mendapatkan hasil yang dirasakan secara maksimal. Buah yang sebaiknya dikonsumsi antara lain pepaya, semangka, jeruk, apel dan masih banyak lainnya.

  1. Mengkonsumsi Obat Tradisional untuk Mengatasi Bau Mulut

Ramuan tradisional cukup mudah dan aman untuk dibuat sendiri di rumah. Obat tradisional yang dapat kamu konsumsi misalnya madu dicampur jeruk nipis, air rebusan daun sirih, serta ramuan herbal lainnya.

Nah, mudah bukan cara-caranya? Jaga kesehatan, jangan lupa praktikan daan terus produktif meski puasa ya, Intelektual Muda! (Reporter FiestA FM : Feby Larasati)

Sumber : http://manfaatnyasehat.com/10-cara-menghilangkan-bau-mulut-saat-berpuasa/

 

Fiesta FMFeature
Puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan ya Intelektual Muda. Salah satunya, kita tidak boleh malas untuk menjaga kesehatan dan kebersihan mulut kita. Jangan sampai dengan alasan puasa, mulut kita menjadi bau dan tidak bersih. Supaya gak bau mulut, Yuk jaga kesehatan dan kebersihan mulut kita. Gimana caranya? simak yaa : ...