Holiday1-1[1]

Liburan merupakan waktu yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang, terutama mahasiswa. Liburan semester dapat dijadikan sebagai pemulihan diri setelah beban dan tugas kuliah yang menumpuk di satu semester terakhir. Sebagian besar mahasiswa menghabiskan waktu liburan dengan melakukan perjalanan panjang baik dengan teman maupun keluarga, mengunjungi berbagai tempat wisata atau biasa disebut juga dengan travelling. Namun terkadang tidak jarang beberapa orang bingung akan menghabiskan waktu liburan dengan melakukan kegiatan apa yang menyenangkan dan sekaligus bermanfaat. Berikut kami ulas beberapa aktivitas yang dapat Intelektual Muda lakukan untuk mengisi waktu liburan :

1. Mencoba Hobi Baru
Nah, hobi merupakan suatu aktivitas yang membuat kita merasa nyaman dan ingin melakukan kegiatan tersebut secara terus menerus tanpa merasa terbebani. Liburan merupakan kesempatan yang besar bagi kita untuk mengembangkan hobi baru yang mungkin selama ini belum terpikirkan oleh kita. Misalnya belajar memasak, melakukan olahraga seperti tennis atau berenang, mengumpulkan barang-barang unik, dan sebagainya. Kita dapat menjadikannya kegiatan rutin tanpa terganggu dengan kegiatan kuliah.

2. Bekerja Paruh Waktu
Liburan memang biasanya identik dengan mengisi kegiatan-kegiatan dengan hal yang bertolak belakang dengan dunia perkuliahan. Magang dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengisi waktu liburan kalian Intelektual Muda. Selain kita bisa mendapatkan pengalaman langsung di masyarakat yang jelas berbeda dengan atmosfer di kampus, ktia juga bisa mendapatkan uang jajan tambahan untuk kuliah nanti. Hehe. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakat kalian, siapa tahu pekerjaan paruh waktu ini dapat menjadi batu loncatan untuk pilihan karir setelah lulus kuliah nanti Intelektual Muda.

3. Berkumpul dengan Keluarga atau Teman Lama
Pada saat hari-hari masuk kuliah mungkin Intelektual Muda memiliki jadwal yang padat sehingga jarang melakukan interaksi dengan keluarga atau teman-teman lama. Tidak sedikit pula yang harus tinggal jauh dari keluarganya demi menuntut ilmu di bangku kuliah. Waktu liburan ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali berinteraksi dan menghabiskan waktu kita dengan keluarga. Bertemu dengan teman-teman lama juga merupakan kegiatan yang tidak kalah seru. Kita bisa berbagi pengalaman selama masa perkuliahan, dan mengingat masa-masa sekolah yang dulu, atau pergi berwisata dan mengunjungi dari rumah ke rumah. Meskipun terlihat sederhana, kegiatan yang satu ini tidak boleh terlewatkan karena akan menimbulkan kesan mendalam dan menciptakan hubungan yang harmonis antar Intelektual Muda dengan keluarga maupun teman.

4. Bergabung dengan Organisasi atau Komunitas
Bergabung dengan organisasi atau komunitas dapat memberikan banyak manfaat terutama dalam bidang sosial karena kita dapat bertemu dengan banyak orang baru dan berinteraksi dengan mereka. Akhir-akhir ini banyak terdapat komunitas maupun organisasi yang ada di masyarakat, baik yang terbentuk karena hobi maupun karena kepentingan yang lain. Kita sebagai makhluk sosial terutama mahasiswa tentunya menjadi tokoh yang berperan penting dalam berjalannya komunitas yang berada di masyarakat. Ikuti komunitas maupun organisasi yang sesuai dengan hobi dan minat kalain, sehingga kalian dapat meningkatkan skill dan mendapat banyak manfaat dari organisasi maupun komunitas yang kalian ikuti.

5. Belajar Bahasa Asing atau Mempersiapkan Semester Depan
Tidak ada salahnya jika kita menghabiskan waktu liburan dengan mempelajari beberapa hal termasuk bahasa asing. Apalagi dengan era globalisasi yang semakin meluas dan tekanan ekonomi global yang semakin sulit, tentunya kita memerlukan beberapa skill tambahan termasuk dalam bidang bahasa. Tidak hanya bahasa inggris, kita dapat dengan intensif belajar bahasa-bahasa yang cukup terkenal lainnya, misalnya Mandarin maupun Jerman. Kita juga dapat mencari beberapa referensi atau browsing melalui internet tentang mata kuliah yang sekiranya akan kita ambil di semester depan. Hal tersebut tentu akan sangat membantu kita selama perkuliahan di semester depan, bukan?

Nah berikut beberapa tips yang dapat kami sampaikan untuk Intelektual Muda dalam mengisi liburan. Semoga tips-tips diatas dapat diterapkan dan bermanfaat bagi Intelektual Muda semua. Waktu yang kita miliki tidaklah banyak, namun bila kita dapat memanfaatkan waktu yang sedikit dengan hal-hal yang bermanfaat, semuanya akan terasa lebih bermakna.

Oleh : Diva Surya

Fiesta FMFeatureNewsFEATURE
Liburan merupakan waktu yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang, terutama mahasiswa. Liburan semester dapat dijadikan sebagai pemulihan diri setelah beban dan tugas kuliah yang menumpuk di satu semester terakhir. Sebagian besar...