Source: Google Gambar

Hai, Intelektual Muda! Senang rasanya ketika weekend tiba, ya. Saat weekend pasti ada nih di antara kamu yang hobi begadang, tidur larut malam, kemudian bangun kesiangan. Iya gak? hehe. Nah, kebiasaan seperti ini nih yang bikin kita jadi malas. Akhirnya waktu yang dapat digunakan untuk beraktivitas pun jadi terbuang sia-sia, deh.
Jadilah produktif walaupun di saat weekend sekalipun, Intelektual Muda. Dengan bangun pagi lebih awal tentunya dapat memicu semangatmu untuk menjadi produktif, lho. Nah, kalau gitu simak yuk! Tips rajin bangun pagi saat weekend agar kamu jadi lebih produktif! Cekidottt….

  1. Tidur lebih awal
    “Saat weekend tidur lebih awal? Ah begadang aja lah kan besok libur”. Hayoo, siapa nih yang sering berpikir begitu?. Intelektual Muda, begadang dapat menjadikan kita malas bangun pagi karena kurang tidur lho. Coba bayangkan, begadang sampai larut malam, kemudian tidur sebanyak-banyaknya ke esokan paginya. Seakan balas dendam karena semalam kurang tidur. Kerjaannya tidur saja, tentu lah orang tua akan marah kepada kita jika kerjanya hanya tidur saja, bukan? Nah, untuk menyiasatinya kamu bisa nih tidur lebih awal dan menghindari begadang. Dengan begitu waktu pagimu akan lebih produktif untuk beraktivitas.
  2. Sadar jika banyak aktivitas menunggu keesokan paginya
    Walaupun libur, jangan bermalas-malasan ya, Intelektual Muda! Sadarilah bahwa banyak aktivitas yang harus kamu lakukan. Mulai dari membantu orang tua hingga mengerjakan tugas lainnya. Nah, jika tidur dilakukan tanpa mengenal waktu, tentunya semua rutinitas pagimu bakal berantakan, bukan? Maka dari itu, jika sudah bangun, jangan tidur lagi ya! Jangan malas untuk bangkit dari tempat tidur. Ingat masih banyak kewajiban yang harus kamu lakukan. Oke?
  3. Niat yang kuat
    Semua hal baik harus diawali dengan niat yang kuat. Niat yang kuat untuk bangun pagi merupakan salah satu cara yang ampuh sekali untuk mengawali kebiasaan bangun pagi ini. Caranya, buat mindset dalam pikiranmu untuk bisa bangun lebih pagi apapun kondisinya. Percaya deh! Dengan niat dan yakin dalam diri untuk bangun pagi, pasti keesokan paginya akan bangun secara otomatis.
  4. Berdoa
    Kalau niat masih belum mempan juga gimana dong? Nah, sebaiknya kamu perlu berdoa sebelum tidur dan meminta kepada Tuhan untuk dibangunkan lebih pagi. Tidak ada salahnya lho meminta kepada Tuhan untuk dibangunkan lebih pagi.
  5. Minta dibangunin
    Cara ini juga ampuh untuk bisa bangun pagi lho, Intelektual Muda. Minta tolonglah pada ibu atau saudara untuk dibangunkan lebih pagi. Terkadang banyak di antara kita yang sudah set alarm tapi masih saja bangun kesiangan karena tidak dengar alarm berdering. Nah, minta dibangunin bisa menjadi solusinya. Susah di bangunin juga? Aduh, jangan jadi kebo lah, tidur mulu. Ya jangan sampai deh ya.
  6. Buat janji bersama teman
    Coba deh buat janji sama teman keesokan paginya. Misalnya janji untuk berolahraga lari pagi, bersepeda atau berenang. Menyongsong pagi dengan berolahraga tentu sangat menyehatkan, bukan?
  7. Pasang alarm yang banyak
    Kadang ada yang tidak bangun karena tidak mendengar alarm, ya! Untuk menyiasatinya pasanglah alarm dengan suara yang paling keras dan berisik. Hindari nada dering mendayu yang berpotensi membawamu tidur kembali.
  8. Rencanakan pada malam hari kegiatan yang ingin dilakukan keesokannya.
    Menyusun beberapa kegiatan yang ingin kamu lakukan keesokan harinya itu penting banget lho, Intelektual Muda. Besok pagi mau ngapain aja, itu di rencanakan sebelum tidur. Tentunya dengan meyusun kegiatan yang ingin dilakukan atau membuat to do list yang dapat membuat aktivitasmu esok paginya menjadi lebih tertata. Apalagi waktu weekend seperti ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kamu bisa mengembangkan hobi atau membuat suatu karya. Biar makin produktif dan kreatif, ya!

Nah, itu tadi 8 tips agar kamu bisa rajin bangun pagi saat weekend. Don’t waste your time dengan tidur seharian, Intelektual Muda. Biasakan bangun pagi dan jadi lebih produktif, ya! (Reporter FiestA Radio: Tartila Safira)

https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/wakingup-ea87efa829c3882d41019501cb0f53a4.jpg?fit=940%2C530https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/wakingup-ea87efa829c3882d41019501cb0f53a4.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMFeatureNews
Hai, Intelektual Muda! Senang rasanya ketika weekend tiba, ya. Saat weekend pasti ada nih di antara kamu yang hobi begadang, tidur larut malam, kemudian bangun kesiangan. Iya gak? hehe. Nah, kebiasaan seperti ini nih yang bikin kita jadi malas. Akhirnya waktu yang dapat digunakan untuk beraktivitas pun jadi terbuang...