1138053SOS1780x390
Hai Intelektual Muda, kali ini informasi yang akan kita bagi adalah informasi mengenai Tombol Panik. Masih belum tahu kan apa itu Tombol Panik? Ini dia ulasannya.

“Tombol Panik” adalah aplikasi khusus yang disematkan di Smartphone berbasis Android. Aplikasi ini digagas oleh Pemerintah Kota Bandung yang nantinya dapat digunakan warga Bandung saat keadaan darurat, seperti kecelakaan atau perampokan. Bahkan aplikasi Android ini dapat juga dimanfaatkan masyarakat untuk melindungi dirinya dari pembegalan yang sempat marak di Kota Kembang. Nantinya “Tombol Panik” ini akan langsung terhubung ke ruangan Bandung Command Center (BCC) di ruang kerja Wali Kota Bandung H Ridwan Kamil.

Intelektual Muda pengguna Android yang ingin mencoba aplikasi ini bisa langsung mengunduhnya di Google Playstore. Selanjutnya untuk pertama kali Intelektual Muda akan diminta melengkapi data-data seperti nama lengkap, nomor ponsel, email, kata sandi, dan beberapa nomor kontak terdekat yang akan dihubungi ketika dalam keadaan bahaya.
Jika sudah terdaftar, sebuah widget SOS akan otomatis muncul dilayar sehingga jika nanti dibutuhkan pengguna bisa langsung menekan tombol SOS tanpa harus masuk ke aplikasi.

Cara kerja aplikasi ini adalah ketika pengguna menekan tombol SOS, aplikasi akan langsung terhubung ke Bandung Command Center. Petugas bisa langsung mengidentifikasi lokasi dan identitas pelapor. Selain itu tombol ini juga terhubung ke ponsel orang-orang terdekat yang sebelumnya telah dimasukan.

Namun, sayangnya aplikasi yang kemungkinan dibutuhkan banyak orang ini hanya diperuntukkan untuk warga Kota Bandung Saja. Semoga saja pemerintah kota di daerah-daerah lain dapat merealisasikan ide seperti ini ya Intelektual Muda.

Oleh: Reni Rahma

Yenni Tri SetyaningrumFeature
Hai Intelektual Muda, kali ini informasi yang akan kita bagi adalah informasi mengenai Tombol Panik. Masih belum tahu kan apa itu Tombol Panik? Ini dia ulasannya. 'Tombol Panik' adalah aplikasi khusus yang disematkan di Smartphone berbasis Android. Aplikasi ini digagas oleh Pemerintah Kota Bandung yang nantinya dapat digunakan warga Bandung...