Menikmati sumber mata air dengan kandungan mineral yang berbeda-beda dapat anda rasakan saat mengunjungi tempat pemandian ini intelektual muda yaitu, Pemandian Sapta Tirta. Tempat ini menjadi tempat favorit yang didatangi oleh pengunjung yang ingin mencoba khasiat air yang ada disana untuk mengobati berbagai penyakit loh intelektual muda. Sesuai dengan namanya, terdapat tujuh mata air di kawasan seluas 1 hektare ini. Letak ketujuh mata air di kawasan ini saling berdekatan. Jarak terdekat antara satu mata air dengan mata air lain adalah 5 meter sementara yang paling jauh adalah 13 meter. Sapta Tirta terletak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Karanganyar, tepatnya di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar. Wah cukup dekat bukan intelektual muda. Tempat ini masih sangat asri suasana pedesaan masih sangat kuat terasa 🙂 Terlihat dari bangunan disetiap mata air yang masih menggunakan bangunan khas Jawa tengah yaitu Rumah Joglo, rerumputan yang hijau, dan dikelilingi oleh hutan pinus Argotiloso menambah suasana semakin sejuk.
sapta tirta 2

Bila ditilik melalui sejarah, di kawasan ini, terdapat pula pemandian para putri keraton atau biasa disebut Keputren peninggalan Raden Mas Surono atau Mangkunegoro VI. Keputren ini terdiri dari enam bilik kamar mandi intelektual muda.
sapta tirta 3

Pada masa lalu, tempat ini merupakan benteng pertahanan pasukan Raden Mas Said tepatnya di tahun 1725-1795 ketika melawan penjajah Belanda. Di kawasan ini, juga terdapat peninggalan dari salah satu tokoh perjuangan yang mendapat julukan Pangeran Samber Nyowo tersebut. Peninggalan yang dimaksud berupa tempat semedi yang dinamakan tatalan.
sapta tirta 4

Para peziarah yang akan berziarah ke makam raja-raja di Astana Mangadek dan Girilayu biasa menyucikan diri di tempat ini juga intelektual muda. Wah kebayang dong gimana sih rasanya berwisata alam sambil menambah pengetahuan kita pasti seru dong yaa..

Lalu, apa sajakah sumber mata air yang ada di Pemandian Sapta Tirta yang konon punya banyak khasiat ini?

1. Sumber air Bleng. Sumber mata air ini mempunyai rasa asin dan sebagian besar orang memanfaatkan mata air ini untuk membuat karak, atau sejenis kerupuk yang dibuat dari nasi. Sampai sekarang, sumber mata air ini tidak pernah kering dan anda pun tidak dipungut biaya bila ingin membawa sumber air Bleng ini.
sapta tirta 5

2. Sumber air hangat. Mata air ini mempunyai suhu yang hangat dan pengunjung biasanya memanfaatkan airnya untuk mandi dengan harapan dapat mengusir penyakit kulit seperti gatal dan juga rematik.
sapta tirta 6

3. Sumber air Kasekten. Mata air ini seringkali digunakan oleh para pengunjung untuk mendapatkan kesehatan yang lebih baik, kekuatan fisik, dan juga mensucikan jiwa dan raga.
sapta tirta 7

4. Sumber air hidup. Air yang dihasilkan dari mata air ini lebih sering digunakan oleh para pengunjung untuk cuci muka. Mereka percaya bahwa kalau mereka menggunakan sumber air hidup maka wajah mereka akan terlihat awet muda. Selain itu, sumber mata air ini juga sering digunakan untuk ritual pernikahan yang ada di sekitar lokasi Pemandian Sapta Tirta.
sapta tirta 8

5. Sumber air mati. Air yang mengalir dari sumber air ini tidak boleh digunakan untuk cuci tangan, tidak boleh untuk minum dan tidak boleh untuk cuci muka karena konon mengandung mineral berbahaya. Hanya saja, belum ada penelitian lebih lanjut terhadap sumber mata air ini.
sapta tirta 9

6. Sumber air soda. Air yang dihasilkan dari mata air ini ‘katanya’ mempunyai rasa mirip soda dan dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, TBC, lever, dan ginjal.
sapta tirta 10

7. Sumber air urus-urus. Mata air ini dipercaya sangat baik untuk memperlancar buang air besar atau untuk mereka yang mempunyai masalah sembelit. Dengan begitu, air yang mengalir dari sana dapat dikategorikan sebagai air untuk mencuci perut dari kotoran.
sapta tirta 11

Pemandian Sapta Tirta juga tidak hanya menyediakan air yang dipercaya sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tetapi, anda juga masih bisa menikmati fasilitas lain yang ditawarkan oleh pengelola, seperti wahana flying fox dengan meluncur dari atas bukit. Ini tentu akan menjadi pengalaman yang menyenangkan karena lokasi dari pemandian ini berada di kaki gunung Lawu. Tidaklah mengherankan bila fasilitas ini banyak disukai oleh para remaja dan anak-anak yang kebetulan berkunjung ke Pemandian Sapta Tirta. Pengunjung yang datang ke tempat ini juga akan terus bertambah saat perayaan malam puncak 1 Suro. Mereka disana akan melakukan tirakatan di kompleks hingga dini hari. Dan untuk menghibur mereka, pengelola pun menyediakan panggung sehingga beberapa kesenian tradisional dapat dimainkan seperti wayang kulit serta tarian tradisional.

Tiket masuk yang perlu anda keluarkan untuk bisa masuk ke kompleks Pemandian Sapta Tirta adalah Rp3.000* per orang dan buka pada pukul 08.00 – 17.00 WIB. Wah cukup murahkan intelektual muda untuk menikmati semua fasilitas yang sudah terdapat di Pemandian Sapta Tirta ini. Pasti gak rugi dong buat main kesini bareng teman, sahabat, ataupun keluarga intelektual muda.

Nah, kalau anda tertarik untuk berkunjung ke Pemandian Sapta Tirta di Karanganyar ini, ada baiknya anda memilih hari intelektual muda. Bila ingin menyepi, anda dapat datang pada hari biasa. Sedangkan bila anda ingin berlibur bersama keluarga, hari Sabtu dan Minggu dapat anda pilih.

Selamat Berlibur 🙂

Oleh: Teza Ramananda

Sumber:

Fiesta FMFeature
Menikmati sumber mata air dengan kandungan mineral yang berbeda-beda dapat anda rasakan saat mengunjungi tempat pemandian ini intelektual muda yaitu, Pemandian Sapta Tirta. Tempat ini menjadi tempat favorit yang didatangi oleh pengunjung yang ingin mencoba khasiat air yang ada disana untuk mengobati berbagai penyakit loh intelektual muda. Sesuai dengan...