Halo, Intelektual Muda! Ketemu lagi nih di Bedah Lagu alias #BELAGU. Kali ini kita bakalan ngebahas salah satu single pemuncak chart 7 Jaman periode 2-9 Juni 2017 pekan ini, “Manusia Kuat” yang dinyanyikan oleh salah satu solois ternama Indonesia, Tulus. Karya – karya Tulus memang dikenal akan liriknya yang inspiratif dan penuh makna. Seperti yang tertuang dalam single keempat Tulus di album Monokrom bertajuk “Manusia Kuat”. Nah, single ini rilis pada 27 April 2017 lalu Intelektual Muda. Lagu ini juga ditulis sendiri oleh Tulus sebagai seruan untuk pantang menyerah dan berani menghadapi problematika hidup. Tulus pun menggaet Ari Renaldi untuk duduk sebagai produser musiknya. Melibatkan 50 musikus dalam proses pembuatannya, lagu yang direkam di Indonesia dan salah satu studio besar di Republik Ceko yang kemudian diterjemahkan kembali dalam audio – visual. Tulus ngerilis music video “Manusia Kuat” yang dirilis di bawah naungan Tulus Company. Inspirasi Tulus membuat single ini adalah dari sebuah karakter boneka. Mengapa boneka? Karakter boneka anak – anak dipilih karena dianggap mewakili lambang harapan, kebebasan, dan masa depan nih Intelektual Muda.
Lagu yang berdurasi selama 3 menit 26 detik ini memiliki nada yang penuh semangat yang memotivasi. Hal tersebut terbukti di beberapa liriknya diantaranya :

“kau bisa merebut senyumku”
“Tapi sungguh tak akan lama”
“Kau bisa merobek hatiku”
“Tapi aku tahu obatnya”
“Manusia – manusia kuat, itu kita”
“jiwa – jiwa yang kuat, itu kita”

Wah inspiratif banget ya Intelektual Muda.Tapi sebenernya apa sih makna dari lagu “Manusia Kuat” ini? Yap, Tulus menjelaskan bahwa lagu ini sejatinya merupakan seruan untuk pantang menyerah, juga tentang semangat hidup nih Intelektual Muda. Lagu ini ngomongin jiwa, yang merupakan kekuatan besar dalam raga manusia. Jiwa merupakan bagian yang nggak bisa disentuh, tapi tetap bisa berlari kencang walau raga mungkin lumpuh. Dalem banget kan maknanya?! Selain itu, lewat lagu ini pula, Tulus pengen menyuarakan keyakinannya, bahwa nggak ada satu manusia pun yang bisa bener – bener matahin langkah baik seseorang lainnya. Lagu ini punya beat dan tempo yang lambat namun menghentak, yang bikin kamu makin semangat pastinya.

Salah satu hal yang membuat lagu ini menjadi unik adalah video musiknya nih Intelektual Muda. Karena didalam video musik itu benar – benar tidak menampilkan sosok dari Tulus sendiri, namun malah dipenuhi dengan boneka – boneka anak kecil. Kalau dilihat sepintas, emang agak nyeremin ya Intelektual Muda, karena kalau ngeliat tentang boneka, biasanya kita langsung keingetan sama boneka – boneka di film horror. Tapi, setelah masuk ke lagunya, pastinya akan merubah kesan menakutkan di awal video musik menjadi suasana semangat dan penuh optimis lewat lirik – liriknya. Nggak cuma itu, Tulus juga menggandeng seniman – seniman untuk berkolaborasi dalam video musiknya nih Intelektual Muda, hal itu menambah keunikan tersendiri pada single “Manusia Kuat” ini. Seperti dalam video musik “Ruang Sendiri”, Tulus menggandeng Melati Suryodarmo yang merupakan seorang seniman kesenian kontemporer. Untuk video musik “Manusia Kuat”, ia kembali menggandeng seniman Indonesia lainnya yaitu Papermoon Puppet Theatre.

Lagu ini recommended banget buat kamu dengerin Intelektual Muda, khususnya buat kamu yang lagi ada masalah dan pastinya butuh banget sama yang namanya semangat dan motivasi. Dengan lirik yang sangat membangun, beat yang menghentak, serta musik yang terkesan megah, menambah suasana lagu ini menjadi makin inspiratif. (Alfian Rahardian Afif)

Fiesta FMMusik
  Halo, Intelektual Muda! Ketemu lagi nih di Bedah Lagu alias #BELAGU. Kali ini kita bakalan ngebahas salah satu single pemuncak chart 7 Jaman periode 2-9 Juni 2017 pekan ini, “Manusia Kuat” yang dinyanyikan oleh salah satu solois ternama Indonesia, Tulus. Karya – karya Tulus memang dikenal akan liriknya yang...