Komunitas daerah tampil memukau penonton malam puncak Festival Seni Budaya UNS 2017, yang digelar di Auditorium UNS, Minggu (12/11). (Dok. Iis Ayu)

UNS – Semarak malam puncak Festival Seni Budaya (Fesenbud) 2017 digelar di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS), Minggu (12/11). Mengusung tema “Harmonisasi Cinta dalam Budaya”, acara ini mengajak mahasiswa saling mencintai dan menghormati keberagaman budaya di Indonesia.

“Meskipun budaya Indonesia sangat beragam, pada intinya tetap satu. Nilai itulah yang ingin kita tekankan dalam Fesenbud kali ini. Karena itu, kita tampilkan kolaborasi komunitas daerah (komda) dalam acara (Fesenbud),” ujar Ady Bayu, selaku Steering Committe sie acara Fesenbud 2017.

Berbeda dengan tahun lalu, Fesenbud kali ini menampilkan tari kolaborasi 22 komda. Jika tahun lalu komda berkesempatan unjuk bakat secara mandiri, tahun ini komda tampil secara gabungan dengan komda lain se-provinsi. Hal ini diungkapkan Ady, agar dapat memangkas durasi acara.

Salah satu komda yang turut memeriahkan acara, yakni Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Lampung (Ikamala). Sukses memukau penonton, para performer mengaku senang bisa memeriahkan acara, terlebih setelah melewati proses latihan panjang.

“Persiapan dan latihan kami lakukan sejak sebulan lalu. Minggu-minggu menjelang tampil kita dibantu juga oleh koreografer, mbak Marshalia Rose,” ujar seorang performer Ikamala, Eni Safitri, Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.

Eni mengaku, kesempatan ini merupakan kali pertama dirinya tampil dalam acara Fesenbud. Acara mendatang, ia berharap agar panitia lebih matang dalam persiapan, terutama soal ketepatan waktu.

Selain penampilan komda, acara ini dimeriahkan pula oleh beberapa performance dengan konsep unik dan berbudaya. Salah satunya adalah penampilan wayang oleh Ki Kusnanta Riwus yang berkolaborasi dengan pelukis pasir, Rudy Cobain (Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain UNS). Tidak ketinggalan, dalam acara ini juga diumumkan penganugerahan Sebelas Maret Award 2017, dan penobatan Mas Mbak UNS 2017. (Reporter FiestA Radio: Fatma Ariska dan Iis Ayu)

https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/DSC09380-iloveimg-compressed.jpg?fit=960%2C640https://i2.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/DSC09380-iloveimg-compressed.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMCampusNews
UNS – Semarak malam puncak Festival Seni Budaya (Fesenbud) 2017 digelar di Auditorium Universitas Sebelas Maret (UNS), Minggu (12/11). Mengusung tema “Harmonisasi Cinta dalam Budaya”, acara ini mengajak mahasiswa saling mencintai dan menghormati keberagaman budaya di Indonesia. “Meskipun budaya Indonesia sangat beragam, pada intinya tetap satu. Nilai itulah yang ingin...