Intelektual Muda, Liburan akan sangat membosankan jika hanya bersantai di rumah saja. Penting banget buat kita mengagendakan waktu untuk berlibur ke tempat tempat yang seru tentunya! Tempat seru tidak harus identik dengan bermain dan boros uang ya, Intelektual Muda. Kita bisa menghabiskan waktu liburan untuk pergi ke tempat-tempat bersejarah seperti Candi. Yap, seperti salah satu candi yang akan kita bahas, yaitu Candi Sukuh.

Sumber : Google Image

Candi Sukuh, merupakan candi yang dibangun menjelang runtuhnya kerajaan Majapahit. Candi ini ditemukan oleh Johnson, Residen Surakarta semasa pemerintahan Thomas Stamford Raffles pada tahun 1815.

Candi Sukuh terdiri atas 3 teras. Pada teras pertama terdapat gapura utama dan sebuah sengkala memet, yang dalam bahasa Jawa berbunyi gapura buta aban wong (raksasa gapura memangsa orang). Kalimat itu memiliki makna angka 9, 5, 3, dan 1, yang bila dibalik akan berarti 1359. Angka ini dianggap sebagai tahun berdirinya Candi Sukuh, yaitu tahun 1359 Saka atau 1437 Masehi.

Candi Sukuh mempunyai fakta unik yakni memiliki banyak relief dan patung yang menggambarkan lingga dan yoni, atau alat kelamin manusia secara eksplisit. Obyek lingga dan yoni itu yang kemudian mengkategorikan Candi Sukuh sebagai candi agama Hindu. Selain relief lingga dan yoni terdapat pula relief yang menggambarkan rahim, yang diukir dengan sangat jelas.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 7.000 saja untuk wisatawan domestik, dan untuk wisatawan mancanegara dikenakan biaya Rp 25.000 kamu bisa menikmati waktu liburan sembari menambah pengetahuan, Intelektual Muda.

Candi ini terletak di Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar Tengah, Provinsi Jawa Tengah. Rute menuju Candi Sukuh tidak sulit, melalui Kota Solo kita bisa menuju ke Kab. Kota Karanganyar, lalu ikuti saja petunjuk arah menuju Candi Sukuh. Wah, pasti seru ya Intelektual Muda, nah saat nya agendakan waktu mu untuk berkunjung ya! Selamat berlibur! (Reporter Fiesta FM : Eka Putra)

Sumber : http://media.iyaa.com/article/2017/02/ada-5-fakta-dan-3-mitos-erotis-di-candi-sukuh-3585669.html

https://i0.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/candi-sukuh.jpg?fit=640%2C427https://i0.wp.com/fiestafm.fisip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2017/09/candi-sukuh.jpg?resize=300%2C300Fiesta FMFeature
Intelektual Muda, Liburan akan sangat membosankan jika hanya bersantai di rumah saja. Penting banget buat kita mengagendakan waktu untuk berlibur ke tempat tempat yang seru tentunya! Tempat seru tidak harus identik dengan bermain dan boros uang ya, Intelektual Muda. Kita bisa menghabiskan waktu liburan untuk pergi ke tempat-tempat bersejarah seperti...